Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harley-Davidson Batalkan Kunjungan Trump demi Solidaritas

Kompas.com - 01/02/2017, 16:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Milwaukee, KompasOtomotif — Setelah Ford Motor Company yang menyatakan secara tegas menolak kebijakan anti-imigran Donald Trump, kali ini aksi protes juga dilayangkan oleh produsen sepeda motor besar, Harley-Davidson (HD), yang bermarkas di Milwaukee, Wisconsin, Amerika.

Mengutip Carscoops, Rabu (1/2/2017), aksi yang dilakukan pihak HD adalah membatalkan kunjungan Trump ke markas mereka. Ini merupakan salah satu agenda kunjungan Trump ke perusahaan-perusahaan asli Amerika, termasuk HD.

Pihak perusahaan mengatakan kepada para pejabat Trump bahwa tidaklah penting apa yang akan dikerjakan Presiden di markas Harley-Davidson. Pastinya, yang sudah dilakukan oleh pihak HD kali ini (menolak kunjungan) merupakan sebuah protes akan kebijakan tersebut.

Sebelumnya, dalam pernyataan bersama, Executive Chairman Ford, Bill Ford Jr, dan CEO Ford, Mark Fields, menyatakan penolakannya soal kebijakan keimigrasian Trump yang menuai banyak kontroversi. Ford resmi menyatakan dengan tegas, nilai perusahaan adalah menghormati semua orang.

Selain kebijakan keimigrasian, pada hari kedua sebagai Presiden, Trump menandatangani satu perintah eksekutif untuk proyek-proyek infrastruktur prioritas tinggi. Dia diperkirakan akan memperluas kebijakan ini, yang bertujuan untuk mendorong perusahaan membuka lebih besar kesempatan kerja, dan menerapkan pajak, untuk membuat barang-barang impor menjadi lebih mahal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com