Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Mitsubishi yang Dirakit di Pabrik Baru

Kompas.com - 31/01/2017, 15:24 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Bekasi, KompasOtomotif - Pabrik baru Mitsubishi berada di Kawasaki Industri GIIC, Deltamas, Bekasi, Jawa Barat. Mulai April 2017 ini sudah mulai beroperasi dan langsung memproduksi Pajero Sport yang selama ini diimpor utuh (completely build up/CBU) dari Thailand.

Pabrik yang dikelola oleh Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) itu, selain sport utility vehicle (SUV) menengah juga digunakan untuk merakit XM Concept alias calon "MPV sejuta umat" Mitsubishi.

Bahkan, kendaraan seperti L300 akan ikut dirakit di pabrik baru tersebut. Lantas, selain model itu apakah mobil penumpang Mitsubishi di Indonesia bakal dirakit di tempat itu?

Menurut Osamu Iwaba, Executive General Manager of MMC Marketing Division Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), fokus utama untuk dua produk, yaitu Pajero Sport dan small MPV.

"Ke depan, kami belum bisa menginformasikan apakah ada produk lain yang diproduksi di pabrik itu," ujar Iwaba diacara peresmian bengkel bodi dan cat di Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/1/2017).

Kapasitas produksi tempat perakitan itu maksimal 160.000 unit per tahun. Komposisinya Pajero Sport dan L300 sebanyak 30.000 unit, small MPV 80.000 unit, dan khusus MPV sejuta umat 60.000 unit buat pasar domestik, sisanya ekspor.

Mobil penumpang Mitsubishi yang dijual di Indonesia cukup beragam. Selain Outlander Sport yang bertatus completely knock down (CKD), model lain seperti Delica, Mirage, serta Pajero Sport masih impor utuh alias CBU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com