Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Tarian” Lincah Yamaha R15 di Aspal Sentul

Kompas.com - 30/01/2017, 18:47 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Hampir tidak ada yang tersisa dari R15 lawas pada versi terbaru. Yamaha merombaknya total, termasuk paket suspensi, rangka, dan ukuran-ukuran detail untuk menghadirkan kenyamanan, terutama saat melaju kencang, menikung, serta melewati jalan bumpy.

Saat digeber pada trek Sirkuit Sentul, belum lama ini, kelincahan dan kestabilan Yamaha All New R15 bisa diacungi jempol. KompasOtomotif merasakan sepeda motor sport fairing 155 cc ini ringan saat melaju. Rasanya gampang dibelokkan saat dipakai ”miring-miring” di tikungan.

Yamaha R15 Terbaru ?Anti-Pegal?

Bekal awal yang mendukung performa itu adalah suspensi depan upside down yang sudah dikenal memberikan kestabilan lebih baik. Lalu, rangka deltabox ternyata juga sedikit direvisi, begitu juga lengan ayun dengan ketinggian berbeda. Paket ini memberikan kesan lebih rigid saat melaju.

Seperti yang diucapkan Yu Kitamura, Project Leader All New R15 ST. Development Division Yamaha Motor Company Ltd, distribusi bobot motor dibuat makin baik, imbang antara depan dan belakang atau biasa disebut 50:50.

Otomania/Setyo Adi All New R15 diperkenalkan di Indonesia
Peredaman dan pantulan suspensi memang sedikit lebih keras, namun tetap ada rasa empuk di bagian belakang untuk mengimbangi kenyamanan. KompasOtomotif mencoba lebih kencan di tikungan, meski tak sampai knee down, paket suspensi ini bikin motor tetap anteng.

Kemudahan dikontrol inilah yang lalu digabungkan dengan fitur slipper clucth, membuat performa keluar tikungan begitu menonjol. Tenaga terbuang jadi sangat minim, dan inilah yang menjadi salah satu kelebihan utama R15 dibandingkan kompetitor.

Mengejar ?Top Speed? Yamaha All New R15

Menariknya, Yamaha membuat ban R15 makin lebar. Ukuran bagian belakang 140/70, sedangkan depan 100/80. Saat area kontak karet ban dan aspal lebih banyak, otomatis motor jadi makin stabil ketika melibas tikungan.

”Kami tak cuma mengembangkan mesin agar lebih kencang, tetapi juga desain dan kenyamanan. Semua digabung dan menjadi prioritas, tidak ada faktor yang menonjol,” kata Kitamura San.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com