Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengejar ”Top Speed” Yamaha All New R15

Kompas.com - 30/01/2017, 17:14 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Banyak bekal yang seharusnya bikin Yamaha All New R15 makin asyik dikendarai. Mulai dari konfigurasi mesin baru dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA), sampai penerapan teknologi Assist and Slipper Clutch yang biasa ada pada moge.

Ekspektasi KompasOtomotif cukup tinggi buat motor ini saat berkesempatan menggebernya dalam sesi test ride media di Sirkuit Sentul, belum lama ini. Satu-satunya cara, putar handel gas sampai mentok untuk mengetahui efek dari berbagai teknologi yang tersemat.

Secara keseluruhan, karakter mesin 155 cc SOHC cukup berbeda dengan versi lama. Tarikan awal jauh lebih baik, namun mulai melemah di putaran mesin 5.000-6.000 rpm. Semburan tenaga mulai terasa saat putaran mesin masuk 7.000-8.000 rpm.

Baca: Yamaha R15 Terbaru ?Anti-Pegal?

Ternyata, di saat itulah VVA bekerja. Kem yang lebih besar aktif, membuat semprotan bahan bakar dan udara makin banyak. Tenaga pun mudah didapat, bahkan saat pindah gigi pada 10.000 rpm, tenaga masih bisa naik lagi.

Donny A/KompasOtomotif Panel meter baru Yamaha R15.
Tenaga pun terjaga berkat peran slipper clutch. Komponen ini membuat perpindahan gigi tinggi ke rendah makin halus, tidak ada gejala ban mengunci karena back torque.

Seperti ketika R15 dipacu kencang dan mau masuk tikungan ”S kecil dan S besar” Sentul, memindah gigi 5 ke 3, motor tetap ”ngeloyor”. Ini yang membuat tenaganya tak terbuang dan saat keluar tikungan, nikmat menggeber gas makin terasa.

Penasaran dengan top speed, saat memasuki tikungan terakhir gigi dipertahankan di posisi 3, lalu geber sampai mencapai 138 kpj. Beberapa rekan media mampu tembus 140 kpj, bahkan ada yang sampai 145 kpj.

Semua indikator pada spidometer mudah ditengok, terutama penunjuk kecepatan yang berformat digital. Indikator mentoknya putaran mesin terdapat pada bagian atas dengan nyala lampu warna putih. Pengendara akan sangat mudah meliriknya dan segera memindah gigi untuk menjaga tenaga.

Secara keseluruhan, performa ini bisa diadu dengan sepeda motor sekelas. Buat penggunaan harian, All New R15 akan memberikan sensasi berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com