Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil China Bakal Rasa Indonesia?

Kompas.com - 29/01/2017, 11:05 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sudah bukan rahasia lagi, produk pertama perusahaan kongsi SGMW Motor Indonesia adalah MPV kecil pesaing Avanza. Janjinya, mobil itu bakal diproduksi massal di Indonesia, tetapi yang jadi salah satu pertanyaan penting seberapa besar kandungan lokalnya.

Dian Asmahani, Brand Manager SGMW Motor Indonesia, menjelaskan, hingga sekarang komponen lokal yang digunakan sudah lebih 50 persen. Dia menjelaskan, strategi lokalisasi perusahaan dalam jangka panjang menargetkan memakai sebagian besar komponen lokal untuk produk-produk kami.

“Kami akan terus melakukan perubahan dan pengembangan produk sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia,” jawab Dian, Rabu (25/1/2017).

Setyo Adi Nugroho/Otomania Wuling pamerkan MPV 7-penumpang
SGMW Motor Indonesia memiliki lahan seluas 60 hektar di Greenland International Industrial Center (GIIC), Block BA No 1 dan 2 Sukamahi, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat. Pemanfaatannya terbagi jadi dua, 30 hektar untuk pabrik dan 30 hektar buat supplier park sebagai pemusatan produsen komponen.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda Bagian dashboard Wuling Hongguang.

Sampai sekarang, Dian mengatakan perusahaan sudah bekerja sama dengan sekitar 15 produsen komponen. Para produsen itu nantinya akan menempati supplier park

Donny Apriliananda/KompasOtomotif Maket hasil investasi 700 juta dollar Amerika Serikat yang dilakukan SGMW Motor Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com