Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Saat Kontainer Dihantam Kereta (Video)

Kompas.com - 29/01/2017, 08:10 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Utah, KompasOtomotif — Sebuah dashcam atau kamera yang dipasang di dasbor mobil berhasil merekam momen yang menyeramkan. Momen itu memperlihatkan kereta yang menabrak sebuah truk pengantar barang (logistik) milik FedEx.

Menurut penyidik Utah Transit Authority (UTA) Dave Goeres, aktivitas lalu lintas di pelintasan yang dilakukan kendaraan tidak ada yang salah karena mereka mengikuti instruksi rambu. Lalu yang dianggap jadi penyebabnya adalah salju yang menutupi sensor otomatis sehingga membuatnya tidak berfungsi.

Kerja rambu peringatan atau palang pintu kereta di persimpangan tersebut diaktifkan oleh sensor otomatis yang membaca kedatangan kereta. Kemudian sensor memberikan sinyal pada rambu untuk memberitahu bahwa akan ada kereta yang akan melintas, dan palang pintu kemudian turun dan menutup jalur.

"Ini adalah video yang sangat mengejutkan. Ini belum pernah terjadi sebelumnya di UTA. Kami sangat berterima kasih bahwa tidak ada yang terluka dalam insiden itu,” ujar Goeres, mengutip Carscoops, Minggu (29/1/2017).

"Wilayah kami kedatangan badai salju pada Sabtu pagi (28/12017) dengan komposisi es dan salju yang lebat. Karena itu semua, bisa sampai mengakibatkan kejadian seperti ini," ucap Goeres.

Namun, ada juga hal lain yang menjadi penyebab kecelakaan ini, yaitu kegagalan sistem keselamatan yang dipasang pada pelintasan, di mana ketika sinyal dari sensor hilang, maka palang pintu seharusnya turun secara otomatis.

"Kami telah men-download informasi dan melakukan wawancara dengan orang-orang yang terlibat," tutur Goeres.

Berikut Videonya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com