Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Rangkul SMK, Siapkan Tenaga Kerja Siap Pakai

Kompas.com - 28/01/2017, 14:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Kuningan, KompasOtomotif – PT Honda Prospect Motor (HPM) resmikan kerjasama Program Pendidikan Dasar bagi Teknisi Honda dengan SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 3 Kuningan, Jumat (27/1/2017). Program ini diklaim menjadi yang ke-44 kalinya, sejak tahun 2000.

Ke depan, para siswa dari SMK yang dirangkul HPM, diharapkan bisa menjadi calon pekerja handal, yang nantinya bakal diserap oleh industri otomotif, khususnya sebagai teknisi di jaringan Honda Indonesia.

“Kegiatan ini sesuai dengan komitmen global Honda, untuk dapat berkontribusi bagi masyarakat, di mana pun kami berada. Saat ini kami terus berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas SDM, serta melakukan transfer ilmu, untuk memajukan dunia pendidikan dan industri otomotif sesuai bidang usaha kami,” ujar Tomoki Uchida, President Director HPM, dalam siaran resminya, Jumat (27/1/2017).

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM menambahkan, seiring dengan pertumbukan industri otomotif, kebutuhan akan tenaga kerja terlatih, tentunya akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap Indonesia dapat memiliki tenaga kerja siap pakai, untuk mendukung industri sehingga bisa lebih bersaing secara regional maupun global,” ucap Jonfis.

Program HPM ini dilakukan dengan membuka kelas khusus, untuk program Pendidikan Dasar Teknisi Honda, dengan tahapan memberikan  training dan OJT (on the job training) kepada guru-guru SMKN 3 Kuningan, menyeleksi siswa-siswa berprestasi yang ingin langsung bekerja didunia Industri. 

Kemudian memberikan pelatihan dan OJT juga untuk siswa-siswa terpilih ke jaringan diler Honda, selama jangka waktu minimal 4 bulan.

Memberikan bantuan alat peraga training yang digunakan dalam proses belajar dan praktek di sekolah, berupa satu unit Honda Brio, Shop Manual, Common Tools dan Special Tools, dan informasi teknologi sebagai bahan pelatihan.

Terakhir, membuka kesempatan kepada para siswa yang masuk dalam program ini, untuk bekerja di jaringan diler Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com