Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercy Masih Segan Bawa Teknologi Hibrida ke Indonesia

Kompas.com - 27/01/2017, 08:23 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Maraknya isu kendaraan ramah lingkungan di Tanah Air tidak membuat Mercedes-Benz Indonesia (MBI) tergoda membawa teknologi hibrida. Meski memiliki kelebihan mereduksi bahan bakar, tapi secara infrastruktur di Indonesia belum mewadahi.

Business and Network Development Sales Operation Mercedes-Benz Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto, mengatakan membawa mobil hibrida sangat sulit untuk di Indonesia. Padahal rival, BMW sudah memastikan bakal memasarkan generasi "i" series nya,sejak 2016 lalu.

"Prosesnya panjang, dan kami tidak mau coba-coba. Kami juga belum putuskan, akan dipasarkan atau tidak. Sebenarnya, secara produk kami komplet," ucap Kariyanto di Bogor, Selasa (24/1/2017).

Menurut Kariyanto, MBI sampai saat ini juga belum melakukan survei mengenai produk hibrida. Meski banyak konsumen sudah menanyakan produk Mercy hybird, tapi bila berkaca dari sisi kesiapan masih cukup banyak pertimbangannya.

Stanly/KompasOtomotif Mercedes-Benz Indonesia

"Produk kami siap, tapi kami tidak mau bawa begitu saja, tetap harus ada tanggung jawabnya dari sisi purna jual," ucap Kariyanto.

Semua, lanjut Kariyanto, tetap membutuhkan kesiapan khusus, mulai mekanik harus training, alat, dan sebagainya. Kami juga menunggu apakah nanti ada lisensi perpajakan atau lainnYa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com