Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Fitur Keamanan Toyota Sienta

Kompas.com - 26/01/2017, 14:08 WIB
advertorial

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Sienta hadir dengan konsep Multi Activity Vehicle (MAV). Sebagai mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang, sudah pasti memiliki fitur keamanan dan keselamatan yang lengkap.

Sebab, bicara mengenai unsur keamanan dan keselamatan sudah menjadi fokus Toyota di Indonesia. Oleh sebab itu, beragam fitur untuk melindungi penumpang dan pengemudi pada Sienta sudah disediakan.

Dimulai dari Anti-lock Braking System (ABS), Electric Brake Force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Sistem ABS berfungsi mencegah roda terkunci saat terjadi pengereman mendadak, sehingga kemudi masih bisa diarahkan.

Sistem ini juga dapat memberi kontrol pengendalian pada kondisi jalan basah. Ketika sensor ABS mendeteksi adanya penguncian roda, sistem akan memerintahkan piston rem melepas sejenak jepitan kanvas rem dan menjepit lagi setelah roda sudah berputar. Biasanya bila ABS sedang bekerja, ditandai dengan adanya getaran pada pedal rem.

Selanjutnya beralih ke fitur Electric Brake force Distribution (EBD) yang punya fungsi utama mengatur tekanan cairan rem yang berbeda-beda ke setiap roda. Tekanan tersebut tergantung kondisi jalan, kecepatan, beban dan faktor-faktor lainnya.

Saat dikombinasikan dengan ABS, EBD mendistribusikan tekanan rem yang tepat pada tiap roda untuk mengembalikan daya cengkeram pada roda yang selip, sehingga kontrol kendaraan bisa tetap terjaga.

Brake Assist (BA) atau punya nama lain Emergency Brake Assist (EBA) berfungsi menambah tekanan pengereman secara otomatis dengan mengukur kecepatan pedal rem yang diinjak. BA/EBA akan mengurangi jarak pengereman, yang berfungsi mengatasi kecenderungan kurang kuatnya pengendara saat menginjak pedal rem agar kendaraan berhenti.

Terakhir adalah fitur Vehicle Stability Control, yang tersedia buat varian tertinggi atau Q. Fitur ini berfungsi saat berada di tikungan dengan kecepatan tinggi, dan bertugas menjaga mobil tetap stabil hingga tidak terguling. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com