Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Karoseri ”Ngarep” Pesanan dari Pemerintah

Kompas.com - 25/01/2017, 16:23 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu napas industri karoseri di Indonesia dalam kondisi perekonomian yang lesu adalah pesanan dari instansi pemerintahan. Sama halnya dengan proyeksi tahun ini, Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) berharap banyak dengan pembelanjaan pemerintah.

Ketua Umum Askarindo Sommy Lumadjeng mengatakan bahwa tahun ini kemungkinan pesanan dari instansi pemerintah bakal turun. Sebab, Kementerian Perhubungan tak lagi punya program pemesanan seperti tahun lalu untuk pengadaan bus buat dibagi rata ke seluruh Indonesia.

”Pemesanan dari instansi pemerintah memang besar. Paling banyak dari TransJakarta dan Kemenhub. Tahun lalu Menhub pesan 600 unit, total dari instansi pemerintah 1.000 unit. Tahun ini pengadaan sudah tidak ada lagi. Saya dengar cuma kendaraan-kendaraan perintis,” kata Sommy, di Jakarta, (24/1/2017).

Untungnya, lanjut Sommy, Transjakarta tahun ini bersiap belanja bus 2.000-an unit. Kendati demikian, dirinya mengaku belum mengetahui siapa yang dapat dari tender di LKPP atau Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah.

”Berdarah-darah”
Di luar pesanan dari instansi pemerintah, Sommy mengaku bahwa karoseri sedang ”berdarah-darah”, terutama pada 2-3 tahun terakhir. Tahun ini pun diprediksi stagnan. Hanya instansi pemerintah yang masih bisa diandalkan sebagai pegangan.

”Ini kan karena penurunan ekonomi global yang menyebabkan melemahnya daya beli. Karoseri berjalan berdasarkan pesanan atau yang belanja. Kalau yang belanja tidak ada, kami tidak mengerjakan apa-apa,” kata Sommy.

Kendati demikian, Sommy masih punya nada optimistis bahwa industri karoseri akan tumbuh. Nada positif juga diungkapkan Baki Lee, Direktur PT Global Expo Management (GEM) Indonesia sebagai penyelenggara pameran IIBT yang menampung dunia karoseri dan kendaraan niaga.

Baki melihat perkembangan moda transportasi umum yang makin marak di daerah, sehingga masih ada potensi untuk industri karoseri bertumbuh. Selain TransJakarta, kini juga sedang berkembang ”Trans-Trans” lain seperti TransSemarang, TransSurabaya, TransMedan, TransLampung, TransBali, dan Transyogya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com