Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Indonesia Bidik Supremasi Balap Lokal dan Asia

Kompas.com - 25/01/2017, 10:24 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Tak bisa dipungkiri, sebagian napas Yamaha datang dari ajang balap. Makanya, merek logo garputala itu selalu mengangkat DNA racing pada hampir setiap produk, karena image positif di ajang adu cepat. Tahun ini, mereka makin serius dengan tim baru.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis skuad baru demi mempertahankan supremasi di ajang lokal, serta sukses besar di ajang level Asia. Peluncuran tim ini memanfaatkan kedatangan Maverick Vinales ke Indonesia, dilakukan di Sirkuit Sentul, (23/1/2017).

Tahun ini, Yamaha makin serius di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) dengan menerjunkan tim utama dan satelit. Tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) mengandalkan Galang Hendra dan Rey Ratukore di kelas Asia Production (AP) 250. Sedangkan Imanuel Pratna melaju dengan tim satelit TJM Racing Team.

Menariknya, Yamaha juga terjun di kelas baru kategori underbone 150 cc atau Super Cub (SC) 150. Pebalap Wahyu Aji dipercaya menjadi rider menggunakan motor Yamaha MX King.

”Saatnya tahun ini memberikan hasil lebih baik. Kami ingin mencetak sejarah baru di ARRC, yakni berada di posisi teratas kelas AP250,” ucap Kadek Suma, Manajer Motorsport YIMM.

Nasional
Di ajang balap lokal, YRI juga tetap fokus mempertahankan supremasi di ajang Indospeed Race Series (IRS) hingga Motorprix. Beberapa tim unggulan masih dipertahankan.

Menariknya, Rey Racing Speed (milik pebalap Rey Ratukore) dan HDS Racing Team menjadi tim baru yang mendapat kepercayaan pabrikan.Delapan tim disokong oleh Yamaha Indonesia dan akan bersaing di kelas Kejurnas 150 cc serta 250 cc.

Formasi itu dibentuk demi mempertahankan gelar dua juara nasional (double-winner) kelas sport 150 cc (YZF-R15) dan sport 250 cc (YZF-R25).

Sedangkan di arena Motorprix 2017, TRI menitikberatkan kekuatannya pada region I, II, IV, dan V. Beberapa tim unggulannya adalah Bahtera Racing Team, Akai Jaya Racing Team, Putra Anugrah dan HDS Racing Team.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com