Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru Yamaha Scorpio Meluncur di India?

Kompas.com - 25/01/2017, 08:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Yamaha Motor India Sales (YMIS) meluncurkan produk sepeda motor naked baru FZ25, dari keluarga FZ Series. Menariknya, ada spekulasi mengatakan kalau model baru ini tak lain adalah generasi terbaru Scorpio yang sudah berusia lawas di Indonesia.

Di India, FZ25 merupakan sepeda motor bermesin 250cc pertama yang pernah diluncurkan Yamaha. Model baru ini menggendong mesin injeksi 249 cc 4-langkah, SOHC satu silinder, dengan berpendingin udara, mirip Scorpio. Berbeda dengan keluarga R25 atau MT25 yang sudah dua silinder.

FZ25 memiliki bobot 148 kg dan diklaim sangat lincah dikemudikan oleh pengemudi, sesuai dengan kebutuhan. Mesin ini sudah mengadopsi teknologi Blue Core, yang juga diklaim menciptakan keseimbangan antara performa dan efisiensi bahan bakar. Tenaga yang dihasilkan, 20,9 PS (20,4tk) @8.000rpm dengan torsi maksimal 20 Nm @6.000rpm.

Keluarga MT25

Pertanyaan yang muncul terkait model baru ini, apakah FZ25 merupakan MT-25 versi India? Namun, saat dikonfirmasi ke pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menampik hal tersebut. Produk tersebut juga dipastikan bukan didatangkan dari pabrik Yamaha di Indonesia.

“Beda, sepertinya YIMM tidak membuat seperti itu. Kami hanya menjual MT25, R25 dan R3,” ujar M Abidin, GM Aftersales Division YIMM, kepada KompasOtomotif, Selasa (24/1/2017).

Mengutip Indianautosblog, Selasa (24/1/2017) model ini akan menjadi penghuni di kelas mid-streetfighter, di mana menyasar konsumen dalam kelompok usia 20 sampai 30 tahun. Produk ini tersedia dalam tiga pilihan warna, Knight Black, Ballistic Blue dan Warrior White. Harganya di kisaran 119.500 rupee atau Rp 23,3 jutaan.

Indianautosblog Model baru Yamaha FZ25 untuk pasar India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com