Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abaikan Trump, Toyota “Bersyukur” Ada Mike Pence

Kompas.com - 24/01/2017, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Setelah bungkam, pasca ancaman yang dilontarkan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bos Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda akhirnya mengeluarkan penyataan, dirinya "bersyukur dan mendukung", kalau Trump memiliki Mike Pence sebagai wakil presiden.

Mengutip Nikkei, Senin (23/1/2017), Toyoda memuji kalau Pence dianggap seseorang yang mengerti, apa yang dilakukan Toyota, bahkan mendengarkannya. “Pence juga memahami bahwa Toyota adalah perusahaan yang dicintai di tempatnya beroperasi, dan saya senang dengan kehadiran Pence ini," ujar Toyoda.

Mike Pence merupakan Mantan Gubernur Indiana, di mana Toyota membangun pabriknya. Bahkan, sebelum pelantikan, Toyoda sempat mengadakan pertemuan dengan Pence.

Baca juga : Giliran Toyota Diancam Donald Trump

"Seorang pembuat mobil atau pemerintah, tidak bisa membuat wilayah mereka bahagia seorang diri, tapi kita berdua harus bekerja sama dan berperan baik di bidangnya masing-masing,” ucap Toyoda.

Produsen mobil Jepang tersebut, mengumumkan pada awal Januari, bakal menginvestasikan 10 miliar dolar Amerika, selama lima tahun ke depan, untuk memproduksi model baru dan meningkatkan produktivitas.

Ini juga jadi jawaban atas kritik Trump di media sosial atas rencana Toyota, di mana bakal berinvestasi di Meksiko sebanyak 1 miliar dolar tahun 2019.

"Toyota Motor mengatakan akan membangun pabrik baru di Baja, Meksiko, membangun mobil Corolla untuk Amerika, NO WAY! Membangun pabrik di Amerika atau membayar pajak perbatasan besar," tulis Trump di akun twitter-nya pada awal Januari lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com