Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekal Yamaha All New R15 buat "Tabrak" CBR150R

Kompas.com - 23/01/2017, 11:50 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Bogor, KompasOtomotif — Yamaha R15 tampil benar-benar segar. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberinya banyak bekal demi memuluskan misi perusahaan merebut kembali pasar segmen sport yang direbut Honda tahun lalu.

Motor sport ber-fairing itu akhirnya dipoles ulang setelah hadir perdana pada April 2014 silam. Dalam perjalanannya, motor yang dijuluki “Baby R6” ini sudah memiliki banyak penggemar. Tercatat hingga akhir 2016, sudah ada 137 komunitas R15 di seluruh Indonesia yang tergabung dalam Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI).

Desain All New R15 mengadopsi DNA Yamaha R-Series, mengedepankan unsur super sport. Motor ini menggunakan rangka deltabox dan desain baru lengan ayun aluminium yang ringan. Kombinasi ini memberikan pengendalian motor yang diklaim stabil, dengan weight distribution 50:50.

Kesan aerodinamis juga kental, dengan desain bodi yang meruncing dan ramping semakin menyiratkan racy image. Lampu depan dan belakang LED dilengkapi dengan lampu hazard.

Baca: Vinales Luncurkan Yamaha All New R15 di Sentul

Donny A/KompasOtomotif Lengan ayun aluminium, sok depan up-side down, lampu LED jadi ubahan utama pada R15.

Mesin baru
Dari segi performa, All New R15 memiliki performa yang diklaim terbaik di kelasnya. Mesin memakai teknologi Variable Valve Actuation (VVA), 155 cc, membuat tenaga semakin besar, tetapi sangat irit bahan bakar.

Tenaga maksimal 14,2 kW @10.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14,7 Nm @8.500 rpm, atau yang terbesar di kelasnya. Ada fitur assist dan slipper clutch yang biasanya hanya ada pada motor besar.

Fitur assist membuat pengoperasian kopling sangat ringan, sedangkan slipper clutch membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat.

Donny A/KompasOtomotif Lengan ayun aluminium, sok depan up-side down, lampu LED jadi ubahan utama pada R15.

Kaki-kaki
Suspensi depan up-side down dipadukan dengan ban tapak lebar (depan 100/80-17, belakang 140/70-17) membuat handling lebih baik dan terlihat gagah. Cakram depan makin lebar, ukuran diameter 282 mm, membuat pengereman semakin maksimal.

Tampilan speedometer full digital dilengkapi shift timing light yang akan memberi tanda kepada pengendara untuk berpindah percepatan dan bisa di-setting sesuai keinginan pengendara.

Donny A/KompasOtomotif Panel meter baru Yamaha R15.

Anda juga bisa memasukkan identitas nama enam digit pada tampilan speedometer. Ada juga beberapa fungsi lain yang membuat multi-information display-nya semakin informatif.

Yamaha memberikan tiga pilihan warna, yaitu Racing Blue, Matte Black, dan Matte Red.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com