Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Tampilan Motor ala Samurai

Kompas.com - 20/01/2017, 15:32 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Sumber Motor1.com

Moscow, KompasOtomotif - Menepis gaya sepeda motor Jepang yang selalu tampil minimalis dan sederhana, dua desainer asal Eropa mencoba memberikan sentuhan berbeda. Mengambil filosofi samurai, Vladimir Panchenko dan Arten Smirnov, berkolaborasi mendesain motor yang kental dengan nuansa Jepang.

"Pendekatan desain motor Jepang selalu tampil original, ini bagian dari dasar seni origami dan semangat samurai. Tapi untuk beberapa alasan, pendekatan ini jarang digunakan lagi dalam desain mobil dan motor Jepang," kata Panchenko dan Smirnov yang dilansir dari Motor1, Kamis (19/1/2017).

Mengacu dari penekanan budaya tradisional, keduanya mencoba merancang motor menggunakan prinisip Zen, dan menamakan motor tersebut Samurai. Konsep garis lurus yang tegas dituangkan tanpa ada lekukkan seperti desain pada motor Eropa.

motor1.com Samurai Zen

Bila diperhatikan, mulai dari sektor depan hingga belakang dibuat sejajar, tidak seperti kebanyakan motor pada umumnya yang tinggi di depan atau belakang. Kesan sport diberikan melalui setang kemudi yang dibuat menunduk.

Untuk jok mengaplikasi model single seater, dengan desain buritan belakang yang dibuat lebih tipis. Fairing yang digunakan untuk menutupi mesin juga hadir tanpa banyak lekukan guna menegaskan harmonisasi dari konsep samurai.

motor1.com Sespan untuk boncengan

Kedua desainer tersebut juga memberikan sespan untuk mengangkut penumpang pada bagian samping. Meski terkesan klasik, tapi dalam konsep rancangannya justru terlihat lebih futuristik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motor1.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com