Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna dan Grafis Baru Yamaha R25 ”Nembak” CBR250RR?

Kompas.com - 19/01/2017, 17:53 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja melepas tiga warna dan grafis baru untuk Yamaha YZF-R25. Menariknya, ada warna matte black alias hitam dof yang membuat penampilannya makin garang.

Tapi sayang, penampilan baru itu justru dinilai mengekor Honda CBR250RR yang juga punya warna andalan hitam dof yang justru menjadi ikon. Ironisnya, warna aksen yang digunakan juga sama, merah, tidak ada yang lain selain dua kelir tersebut.

Yamaha megadopsi merah untuk grafis dan tulisan ”R25” pada fairing. Sedangkan CBR250RR juga serupa, warna merahnya seakan kontras sebagai logo pada tangki dan tulisan tipe.

Perhatikan juga peletakan merek dan warna pelek. Yamaha dan Honda sama-sama meletakkan tulisan merek pada fairing bagian bawah dengan warna abu-abu. Pelek hitam dof pun sama persis, diberi aksen merah pula.

Apakah ada unsur kesengajaan untuk mengadu head to head? Dikonfirmasi hal ini, M Abidin, GM Aftersales Division YIMM mengatakan bahwa tidak ada hubungannya antara warna dan grafis baru Yamaha R25 dengan kompetitor.

Hahaha, bisa saja. Tapi warna matte (dof) sudah menjadi ciri khas Yamaha. Kami duluan,” ucap Abidin kepada KompasOtomotif, melalui pesan instan, (19/1/2017).

Pernyataan singkat itu sudah menjelaskan bahwa Yamaha tak mau warna dan grafis baru R25 disamakan dengan CBR250RR, apalagi dianggap mengekor. Abidin menegaskan bahwa warna dof sudah lama menjadi tren dan digunakan Yamaha, meski bukan via R25.

”Soal grafis, premium model sudah lumrah selalu minim (grafis), beda dengan low price model,” ucap Abidin.

Tren warna dof makin booming buat Yamaha setelah muncul NMAX. Sukses dengan ”warna kusam” tersebut, YIMM mulai menerapkannya untuk model lain, mulai All New Soul GT sampai Mio Z.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com