Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Motors Siap Produksi Mobil Tempur "Berdarah Dingin"

Kompas.com - 18/01/2017, 09:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) serius mengembangkan bisnis kendaraan militer di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama PT Pindad.

Rencananya, selain membuat kendaraan militer berbasis truk, TMDI dan Pindad juga akan memproduksi kendaraan tempur. Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI, menjelaskan bahwa produknya akan memiliki kemampuan layakanya binatang berdarah dingin yang bisa hidup di air dan di darat alias amfibi. 

"Kami akan menciptakan kendaraan militer bukan personal. Bersama Pindad kami akan membuat kendaraan amfibi yang bisa berjalan dalam air," kata Biswadev, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (17/1/2017).

Menurut Biswadev, bentuk kerja sama nantinya akan saling bersinergi. PT Pindad akan memproduksi kendaraan, sedangkan Tata Motors akan mentransfer pengetahuan soal teknologi-teknologi yang dimilikinya.

SETKAB Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI, Kepala Staf TNI, dan Kapolri naik kendaraan Amphibi Anoa, menuju lokasi Rapim TNI 2017, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Senin (16/1/2017) pagi.

Nantinya, kendaraan ini bukan hanya akan dipasarkan untuk kebutuhan lokal, tapi juga untuk diekspor. Sayangnya, Biswadev belum bisa berbicara banyak mengenai volume serta kapasitas produksinya nanti.

"Berapa banyaknya saya belum bisa katakan, tapi kami sudah menandatangani MoU. Sangat sulit untuk menjawabnya saat ini, tergantung dari deman nantinya," ucap Biswadev.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com