Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Corolla Altis Terbaru Versi Indonesia dan Thailand

Kompas.com - 17/01/2017, 10:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifToyota All New Corolla Altis yang baru saja diluncurkan PT Toyota Astra Motor (TAM) diklaim tak mengalami pengurangan spesifikasi. Memang tak sama persis dengan spesifikasi dari negara pembuat, Thailand, namun ada ”menu” khusus yang ditawarkan untuk konsumen Indonesia.

Menurut Bansar Maduma, Product General Manager CBU & Commercial TAM, pada dasarnya spesifikasi dasar sama persis dengan Altis spek Thailand. Cuma, yang diluncurkan TAM ada berapa fitur yang ditambah ada juga yang dihilangkan.

”Biasanya memang ada seperti ’menu set’ yang bisa dipilih dari pemroduksi. Seperti memilih set menu makanan, jadinya seperti inilah spesifikasi untuk Indonesia,” ujar Bansar usai peluncuran Toyota Corolla Altis baru dan Innova Venturer, di Jakarta, (16/1/2017).

Ditegaskan Bansar, bukannya ada pengurangan spesifikasi (spec down), namun ada beberapa titik yang disesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia. Misalnya, salah satu fitur ada di Indonesia, sementara di Thailand tidak, begitu juga sebaliknya.

Di Thailand, Corolla Altis menggunakan mesin dengan grade standar emisi tinggi dengan pilihan 1.600 cc dan 1.800 cc. Di Indonesia hanya ada mesin 1.800 cc. Ada 6 tipe di sana, sementara di sini cuma dua. Hanya Indonesia yang menghadirkan transmisi manual.

Alasan Bansar, di Indonesia ada kebutuhan untuk pasar fleet, Corolla Altis dijadikan mobil perusahaan untuk dipakai middle management. ”Kalau transmisi otomatis, ada driver perusahaan, buat apa? Karena ada permintaan itulah kami pertahankan tipe dengan transmisi manual,” ucap Bansar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com