Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Innova “New Venturer” Siap Ekspor ke Filipina

Kompas.com - 17/01/2017, 08:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bukan hanya memproduksi Toyota New Venturer untuk pasar domestik, tapi ternyata juga untuk ekspor. Bahkan, jumlahnya lebih besar dari pasar domestik.

Salah satu negara yang sudah dikonfirmasi Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN adalah Filipina. Pengiriman ke negara-negara tersebut akan dilakukan pada akhir tahun 2017, atau kuartal keempat

“Iya untuk Filipina. Jumlah volume ekspor secara keseluruhan mencapai 500 unit untuk setiap bulannya, dalam kondisi terurai (completely knocked down/CKD) dan utuh (completely built up/CBU). Lebih besar dari domestik yang ada di angka 400 unit,” ujar Warih, Senin (16/1/2017).

Baca juga : Berikut Daftar Harga Innova Venturer

Sementara negara-negara selain Filipina yang akan menjadi tujuan ekspor New Venturer masih dirahasiakan Warih, tapi kebanyakan untuk wilayah Asia Tenggara. Terkait dengan spesifikasinya sama seperti yang ada di Indonesia.

“Negara selain Filipina yang dibidik banyak dan ada beberapa negara yang sudah deal. Kami tidak bisa memberi tahu, bisa marah mereka nanti. Karena jika diberitahu saat ini, sama saja sudah launching,” ucap Warih.

Innova New Venturer sudah masuk jalur produksi satu mingggu sebelum peluncurannya. Target volume per bulan mencapai angka 400 unit, untuk memenuhi pasar domestik. Evaluasi akan dilakukan setiap tiga bulan sekali. Apakah akan ditambah atau dikurangi.

“Tahap awal 400 unit, pasti (ditingkatin) kalau volumenya banyak (permintaannya), tapi belum sampai situ,” ujar Warih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com