Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Enggan Produksi Mobilio Versi Taksi

Kompas.com - 14/01/2017, 06:34 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Seiring dengan pertumbuhan pasar, banyak perusahaan taksi kini memilih mobil multi purpose vehicle (MPV) sebagai armadanya. Peluang ini pun dimanfaatkan Toyota Indonesia dengan meluncurkan Transmover akhir 2016 lalu.

Tetapi, strategi ini tak dianggap pihak Honda Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen tunggal pemegang merek. HPM memastikan tidak tertarik mengikuti jejak Toyota untuk memproduksi Mobilio khusus taksi.

Baca: Avanza Transmover Sudah Terpesan Ratusan Unit

"Kita tidak mau bedakan dengan membuat grade khusus (taksi). Pembeli bakal rugi karena resale jatuh nantinya," ucap Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director HPM di Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Menurut Jonfis, Mobilio tidak akan ada pengurangan spesifikasi atau fitur hanya untuk mendorong penjualan di segmen fleet. Bahkan semua unit yang saat ini sudah digunakan Blue Bird masih sama dengan yang dipasarkan secara umum.

Setyo Adi/Otomania Honda Mobilio terbaru meluncur di Indonesia

Meski tidak menampik bahwa pasar taksi cukup menjanjikan, tapi bicara terget penjualan khusus taksi di tahun ini Jonfis tidak memiliki angka yang bisa disebutkan.

"Mereka ambil dengan spek yang tersedia, tidak beda, jumlahnya ratusan tahun kemarin. Untuk tahun ini terus terang kita belum targetakan, karena market fleet ini baru jadi kami mencoba untuk melihat kepuasan dari segi konsumen, kita fokus di sana," kata Jonfis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com