Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beban Lorenzo di Seri Pembuka MotoGP

Kompas.com - 13/01/2017, 16:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Bologna, KompasOtomotif – Musim MotoGP 2016 sudah usai dan saatnya bersiap untuk masuk ke musim baru 2017. Meski masih beberapa dua bulan lagi menuju seri pembuka, tapi persiapan mulai dilakukan semua tim dan pebalap.

Dibading dengan pebalap lain, Jorge Lorenzo saat ini sedang mendapat sorotan lebih. Pasalnya banyak yang berharap kalau dirinya bisa menyamai, atau bahkan lebih baik dari pendahulunya Casey Stoner.

Laga perdana yang akan dilakoni Lorenzo di Sirkuit Qatar, 23 Maret 2017 nanti, bisa jadi sebuah beban berat baginya. Pasalnya, Stoner sepanjang tiga kali berturut-turut menjadi jawara di sana, dari tahun 2007 sampai 2009, dengan menunggangi Ducati. Begitu juga Andrea Iannone berhasil di posisi podium kedua selama dua tahun terakhir.

Namun, Claudio Domenicali, CEO Ducati mengatakan, kalau Ducati tidak memberikan tekanan dan beban berat kepada Loenzo pada seri pertama nanti. Dirinya hanya percaya kalau di balapan pertamanya dengan Ducati, Lorenzo bisa membawa kemenangan untuk timnya.

“Tidak ada tekanan. Kami tahu masih ada pekerjaan yang harus dilakukan, dan kami tahu kalau kami telah melakukan banyak hal positif,” ujar Domenicali mengutip Motorsport, Jumat (13/1/2017).

"Ini bisa dikatakan seperti kita sedang menjalani ujian sekolah, di mana ada rasa takut yang mengintai. Namun, karena memiliki pengetahuan baik yang dibalut ketenangan, dan melakukannya dengan cara terbaik, kita akan selamat,” ucap Domenicali.

Selain Lorenzo, Masih Ada Marquez

Ditanyakan mengenai target Ducati tahun ini, Domenicali mengatakan jelas bahwa tujuannya adalah memenangkan kejuaraan di tahun pertama kemitraan baru dengan Lorenzo. Namun, target ini masih terganjal satu pebalap terbaik Honda, Marc Marquez.

"Pada 2016, kami berkembang banyak dan kami memenangkan dua balapan. Kami telah cukup matang untuk mengambil pengendara seperti Lorenzo, dan sekarang kami memiliki semua kartu di tangan untuk memenangkan gelar,” ucap Domenicali.

“Tapi yang jelas, selain Giorgio (Panggilan Lorenzo), ada banyak pembalap yang kuat di kejuaraan ini, salah satunya Marc Marquez, yang menjadi favorit untuk meraih gelar juara," ucap Domenicali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com