Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detail New Honda Mobilio yang Lebih Menggoda

Kompas.com - 13/01/2017, 07:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
-Setalah Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan New Honda Mobilio di Jakarta, Kamis (12/1/2017), kini waktunya menyelisik lebih dekat. Meski berstatus facelift, tetapi ubahan yang diberikan pada andalan kendaraan multi guna tujuh penumpang dari Honda ini cukup signifikan.

Meninggalkan desain lama, Honda mencoba memberikan wajah baru pada Mobilio. Ubahan utama terjadi pada kap mesin, berkonsep solid wing face membuat tampilan terlihat lebih panjang dan berisi dengan lekukan seperti HR-V.

Ubahan lain juga langsung terlihat pada gril dan bumper. Termasuk lampu utama yang sudah punya desain baru, dilengkapi dengan LED light guide. Desain pelek baru 15 inci-sama seperti ukuran model sebelumnya-lumayan buat menambah kesan baru.

Interior

Kenyamanan interior ditingkatkan untuk memberikan pengalaman baru. Perangkat hiburan didukung sistem audio video layar sentuh 6.2 inci yang dilengkapi kamera parkir serta tombol pengaturan pada lingkar kemudi (untuk tipe E CVT).

Sistem audio ini ditunjang enam speaker premium dengan sistem K2 Technology. Teknologi yang diklaim bisa membuat suara di dalam kabin lebih berkarakter berkat jangkauan frekuensi yang lebih luas.

Stanly/KompasOtomotif Jok semi-bucket dengan head rest yang bisa diatur.

Guna memberikan kesan mewah dan praktis, sistem pengatur suhu pendingin ruangan kini sudah digital, seperti mobil premium. Juga dukungan fitur lain, seperti power door mirror dan kemampuan pintu untuk mengunci otomatis pada kecepatan tertentu. Ketiga fitur baru ini kini sudah jadi kelengkapan standar, artinya tersedia pada semua varian.

Perbedaan lain, jok masih bergaya semi-bucket, tetapi sandaran kepalanya kini terpisah, bisa dicopot, atau diatur ketinggiannya. Beda dengan model sebelumnya, sandaran kepala menyatu pada jok. Daging jok baris kedua juga diklaim dipertebal, termasuk adanya sandaran kepala untuk penumpang tengah.

Safety

Honda kali ini juga lebih khawatir pada keselamatan penumpang baris kedua, karena melengkapinya dengan sabuk keselamatan tiga titik. Sementara itu, fitur lain seperti bodi kokoh ala G-CON + ACE, sepasang kantong udaraSRS airbags di depan, electronic brake-force distribution (EBD), dan anti-lock brake system (ABS) masih tersedia, sama seperti model sebelumnya.

Stanly/KompasOtomotif Interior New Mobilio RS

Sentuhan mewah Honda, terasa ketika fitur vehicle stability assist (VSA) dilengkapi demi menjaga laju kendaraan dari situasi overstreering. Termasuk bantuanhill start assist (HSA) guna menahan rem saat tanjakan atau turunan.

Mesin dan Harga

New Honda Mobilio masih menggusung mesin 1.500 cc i-VTEC bertenaga 115 tk dengan torsi 145 Nm, sama seperti model lawas. Untuk transmisi disediakan dalam dua pilihan, yakni lima percepatan manual dan CVT.

New Mobilio tipe S manual dipasarkan Rp 189,5 juta, tipe E M/T Rp 210 juta, E CVT Rp 221 juta, kemudian RS M/T Rp 233,3 juta, dan varian tertinggi, yakni RS CVT sebesar Rp 243,5 juta.

Selain warna yang sudah tersedia, Honda menawarkan New Mobilio dalam beberapa kelir baru, mulai Phoenix Orange untuk varian RS, serta Passion Red Pearl dan Marine Purple Pearl untuk varian di bawahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com