Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Siap Kirim GSX Buatan Karawang ke Eropa

Kompas.com - 11/01/2017, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Suzuki Indomobil Sales mengkonfirmasi kalau mereka bakal mengekspor model GSX-R125 ke mancanegara, terutama Eropa. Suzuki GSX versi fairing berkubikasi 125cc ini meluncur lebih dahulu di Intermot 2016 Jerman, baru kemudian menyusul versi mesin 150cc di dalam negeri.

Indonesia dipercaya menjadi basis produksi untuk model GSX-R150 (fairing, GSX-S150 (naked) dan GSX-R125 untuk pasar Eropa. Sementara kelas 150cc masih difokuskan untuk pasar dalam negeri. Pihak Suzuki Indonesia mengatakan, kalau ke depan ekspor tidak hanya di wilayah Eropa tapi juga Amerika dan Jepang.

“Sasaran utam kami mungkin masih Eropa yang permintaanya cukup banyak, baru kemudian Jepang dan Amerika. Terkait berapa volumenya kami belum bisa menginformasikan saat ini,” ujar Seiji Itayama, Managing Director PT SIS saat ditanyakan KompasOtomotif, Senin (9/1/2017).

Itayama melanjutkan, terkait dengan pengiriman, pihaknya akan memenuhi permintaan tersebut secepatnya, atau sekitar bulan Februari 2017, berbarengan dengan peluncuran GSX-R150 dan GSX-S150 di Indonesia.

“Di sana (Eropa) pembelian sepeda motor seasonable, jadi tidak setiap bulan bagus, karena terkait cuaca,  jadi kami secepatnya akan penuhi, sebelum datang bulan September dan Oktober, di mana permintaan mulai minim di sana,” ujar Itayama.

Jadi Basis Produksi

Kebangkitan Suzuki Indonesia, tidak lepas dari dukungan pihak Jepang. Saat ditanyakan, investasi yang digelontorkan pihak prinsipal Jepang mencapai Rp 100 miliar, untuk menghidupkan kembali pabrik di Tanah Air, termasuk untuk memproduksi model GSX ini.

“Menjadi basis produksi, menjadi bukti kalau Suzuki di Indonesia tidak mati, dan masih hidup, bahkan akan tinggal landas melesat ke atas,” ujar Itayama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com