Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca Whatsapp Sekarang Bisa di Panel Motor

Kompas.com - 10/01/2017, 09:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Las Vegas, KompasOtomotif — Selain produsen mobil, Kymco ikut unjuk gigi dalam pameran teknologi informasi terbesar, Consumer Electronic Show (CES) 2017, di Las Vegas, Amerika Serikat. Produsen skutik asal Taiwan ini menghadirkan fitur Kymco Noodoe yang memungkinkan pengendara terkoneksi dengan ponsel pintar selama perjalanan.

Ide ini dikembangkan Kymco berdasarkan pengamatan pengguna skutik di kota besar, yang kerap membuka ponsel sambil berkendara dan tentu saja berbahaya. Dengan teknologi tersebut, pengendara bisa menghubungkan ponsel di layar digital tanpa direpotkan memegangnya saat sedang berjalan.

"Apakah semua pengendara skutik mampu menyerap informasi itu? Sebuah layar sentuh sangat sulit untuk digunakan ketika sedang mengendarai skutik," ucap Kymco Group Chairman Allen Ko, seperti dilansir Autoevolution, Senin (9/1/2017).

Seperti dijelaskan sebelumnya, teknologi yang rencananya akan diaplikasikan pada model Kymco AK 550 dan 150i ini bekerja melalui layar digital pada panel indikator. Tampilannya bisa diakses melalui tombol yang diletakkan pada tangan kanan pengendara, atau tepatnya dekat dengan tuas gas.

www.autoevolution.com Kymco Noodoe, jalin koneksi antara ponsel dengan digital dasbor.

Untuk mengoneksikan ponsel dengan panel indikator, yang perlu dilakukan hanya sinkronisasi melalui jaringan Bluetooth. Setelah terhubung, beberapa fitur dengan sendirinya akan muncul, antara lain peta navigasi, SPBU terdekat, sampai posisi skutik ketika pengguna lupa lokasi parkir.

Bahkan media komunikasi sosial layaknya Whatsapp juga bisa diakses. Namun, demi menjaga konsentrasi saat berkendara, layanan ini hanya bisa digunakan ketika skutik dalam kondisi berhenti.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com