Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kacamata Pintar "Microsoft" Bisa Melacak Kunci Mobil

Kompas.com - 09/01/2017, 16:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Washington, KompasOtomotif – Lupa di mana meletakkan kunci mobil atau sepeda motor? Tampaknya situasi ini sudah tidak akan menjadi masalah lagi di masa depan. Microsoft mencoba menjembatani penyakit ini dengan menciptakan teknologi yang mampu melacak keberadaan benda yang kerap terselip dan terlupakan.

Mengutip Dailymail, Senin (9/1/2017), peranti canggih tersebut yaitu HoloLens, yang dikembangkan oleh Microsoft, berbentuk kacamata pintar (virtual reality glasses). Pengguna terlebih dahulu merekam bentuk kunci kendaraan di memori kacamata yang memiliki kamera, sambil menyebut “melacak obyek ini”, di mana ini sebagai pengingat ketika suatu saat kunci ini hilang.

Lalu ketika pemilik kacamata mengatakan “Di mana kunci saya?”, kacamata pintar ini nantinya bakal otomatis menunjukkan lokasi terakhir kunci dilihat oleh si HoloLens. Ternyata bukan hanya kunci, tetapi ini bisa digunakan untuk melacak obyek lain, seperti dompet, kartu kredit, dan pernak-pernik lainnya.

Selain untuk pengguna biasa, para ahli Microsoft percaya bahwa teknologi ini bisa bermanfaat untuk orang tua atau penderita demensia. Di mana mereka mungkin orang-orang yang berjuang ekstra untuk bisa mengingat benda yang mereka letakkan.

“Microsoft telah memberikan manusia tambahan otak, yang membuat mereka tidak akan lagi lupa akan segala sesuatu, seperti kunci mobil salah satunya,” ujar Matt Webb, Enterpreneur and Internet Consultant.

Pihak Microsoft telah mengonfimasi bahwa teknologi ini sudah mendapatkan sertifikat paten. Namun, mereka masih belum mau membocorkan kapan kacamata pintar ini mulai dijual ke pasaran. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com