Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2017, Suzuki Targetkan Tempel Honda dan Yamaha

Kompas.com - 09/01/2017, 09:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Madrid, KompasOtomotif – Cukup mengejutkan performa Suzuki di musim 2016, bos tim Suzuki MotoGP Davide Brivio kemudian naikkan level target. Mereka berharap bisa bersaing secara konsisten dan teratur, dengan apa yang sudah dimilikinya saat ini.

Suzuki sudah memiliki dua pembalap baru untuk musim 2017, Andrea Iannone dari Ducati dan lulusan Moto2 Alex Rins. Di mana pebalap Suzuki di 2016 lalu yaitu Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) dan Maverick Vinales (Yamaha).

"Kami tidak pernah mengatakan, kami ingin menang dalam tiga tahun, lima tahun atau apapun. Namun pastinya kami ingin menjadi pesaing juara sesegera mungkin,” ujar Brivio mengutip Motorsport.com, Minggu (8/1/2017).

"Target kami adalah untuk mendekati Ducati dan kemudian menempel Yamaha dan Honda. Kami akan melakukan hal semacam itu, kami memenangkan lomba, dan kami mendapat podium,” ucap Brivio.

Pada musim kedua, setelah absen tiga tahun di MotoGP, Suzuki mengklaim kemenangan pertama sejak 2007 bersama Maverick Vinales di Grand Prix Inggris, September 2016. Vinales mengambil tiga podium lainnya selama setahun dan urutan keempat di kejuaraan, di belakang Marc Marquez, Valentino Rossi, dan Jorge Lorenzo.

Brivio melanjutkan, kalau Suzuki biasanya hanya melakukan perlawanan pada awal-awal balap, tapi selanjutnya mengendur. Namun, mulai musim 2017, Suzuki harus menjadi penantang serius secara konsisten sepanjang balap.

"Tentu saja ini adalah bagian yang paling sulit, tapi itulah yang harus kami lakukan selanjutnya. Saya pikir kami juga harus puas dan senang dengan apa yang sudah kami lakukan,” ujar Brivio.

Di musim 2016, Suzuki berhasil masuk di lima besar tim terbaik, dan berada di posisi keempat setelah Ducati, dengan pencapaian 208 poin. Sementara pebalapnya Vinales ada di posisi keempat terbaik dan Aleix menduduki peringkat 11.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com