Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surga Kompresor AC ”Copotan” BMW dan Mercy

Kompas.com - 06/01/2017, 08:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ketika kompresor AC mobil-mobil Eropa seperti BMW dan Mercedes-Benz rusak dan tak lagi bisa diservis, buat ganti baru sudah pasti menguras kantong. Buat sementara, cari kompresor ”copotan” dari mobil lain yang sejenis, dan itu pun tak semua bengkel AC menyediakan.

Hal ini diakui Yusuf, salah satu pegawai Auto Service Car Sarana Banyumas Motor, spesialis AC di Jl KH Abdulah Syafei, Tebet, Jakarta Selatan. Mencari barang copotan gampang-gampang susah, harus ada bengkel spesialis yang menyediakan stok dalam jumlah banyak

”Itulah kenapa di sini menyediakan banyak stok kompresor copotan, terutama untuk mobil-mobil Eropa yang susah ditemukan. Buat jaga-jaga yang mencari komponen ini. Rata-rata karena alasan lebih murah,” kata Yusuf, (5/1/2017).

Dia pun bercerita, saking langkanya kompresor AC mobil Eropa dengan status copotan, banyak konsumen yang berdatangan dari luar kota. Stok yang ada di bengkelnya pun ”datang dan pergi”.

Kompresor AC copotan itu pun masih dalam kondisi cukup baik, meski Yusuf mengakui ada beberapa yang sudah direkondisi. Itulah kenapa ada garansi satu bulan untuk pemasangan kompresor AC copotan.

”Biaya tergantung jenis kompresornya, rata-rata 1,5-1,8 juta termasuk ongkos pasang. Lumayan, kalau beli baru bisa Rp 4-5 jutaan,” ucap Yusuf.

Tak cuma mobil Eropa, stok kompresor copotan mobil-mobil Jepang, Korea Selatan, dan mobil Eropa yang jangan ditemui macam Land Rover pun tersedia, meski tak sebanyak stok buat BMW dan Mercedes-Benz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com