Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Wujud Nyata Akuisisi Toyota atas Daihatsu

Kompas.com - 05/01/2017, 13:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New Delhi, KompasOtomotifToyota di India berencana mengenalkan mobil kecil paling efisien penggunaan bahan bakar, aman, dan terbaik dari sisi value for money. Kendati demikian, mobil ini tak akan hadir dalam waktu dekat, karena rencananya bakal nongol pada 2020.

Inilah buah dari perusahaan baru hasil kongsi antara Toyota dan Daihatsu, yang disebut Emerging-market Compact Car Company. Tugas perusahaan ini meminta Daihatsu sebagai spesialis mobil kecil untuk memproduksi mobil murah, berkualitas tinggi khusus untuk pasar berkembang.

Menurut ET Auto, (4/1/2017), tak hanya mobil compact, perusahaan baru ini juga menyiapkan MPV kecil juga SUV.

”Cerita paling berkesan buat kami adalah mobil yang akan dikembangkan Daihatsu itu akan dibuat untuk pasar lokal dengan harga terjangkau. Kami akan mulai melakukan riset untuk menampung ekspektasi konsumen demi membuat konsep kendaraan sebelum dikembangkan,” ucap Akito Tachibana, Direktur Pemasaran Toyota Kirloskar Motor.

Toyota di India memang kurang ahli menarik perhatian konsumen di segmen yang membutuhkan kendaraan dengan harga terjangkau. Ada Etios sedan dan Etios Liva memang, tapi kurang memuaskan.

Saat ada Daihatsu yang ahli mengembangkan mobil compact yang kompetitif, Toyota di India berharap produk hasil pengembangan akan merangkul pembeli baru di segmen yang belum pernah dijamah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com