Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Rio Haryanto Kandas

Kompas.com - 04/01/2017, 15:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Kiprah Rio Haryanto untuk kembali balap di ajang Formula 1 (F1) musim 2017 akhirnya kandas. Perjuangannya untuk bergabung ke tim asal Swiss, Sauber, berbuah kekecewaan akibat masalah finasial yang selama ini jadi belenggu.

Keputusan bulat ini sudah disampaikan Ibunda Rio, Indah Pennywati, beberapa waktu lalu saat dihubungi Otomania. Menurutnya untuk musim 2017 Rio tidak akan kembali ke lintasan F1.

"Tahun depan kemungkinan Rio kerja saja, membantu ayahnya di kantor Kiky," ucap Indah, Kamis (29/12/2016).

Sebenarnya peluang Rio untuk bergabung bersama Sauber tinggal selangkah lagi. Namun akibat tidak terjadi kesepakatan mengenai masalah batas waktu pembayaran, akhirnya harapan pria asal Solo, Jawa Tengah kembali pupus.

"Rio tidak akan membalap di F1 untuk tahun ini. Batas waktu yang ditetapkan Sauber telah berlalu," kata Indah yang dilansir dari F1today, Selasa (3/1/2017).

Pertamina

PT Pertamina (Persero) yang menjadi sponsor utama Rio saat berlaga di musim 2016 juga tidak bisa berbuat banyak. Menurut Vice President Corporate Comminication PT Pertamina Wianda Pusponegoro, perusahaan sudah siap mengucurkan dana, tapi akibat masalah tenggat waktu hal tersebut pun tidak bisa terlaksana.

MANOR RACING Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, bersiap di dalam mobilnya saat menjalani sesi latihan GP Rusia di Sochi Autodrom, Jumat (29/4/2016).

"Kami berniat menjadi sponsor, namun tidak sesuai dengan yang ditentukan mereka (tim)," ujar Wianda, Selasa (27/12/2016).

Menurutnya, dana yang disiapkan Pertamina untuk 2017 sebenarnya lebih besar dibandingkan 2016. Namun, adanya hal-hal di luar kendali membuat Pertamina mengurungkan niatnya.

Pascal Wehrlein

Gagalnya Rio Haryanto bergabung dengan Sauber membuka peluang untuk mantan rekannya di Manor Racing, Pascal Wehrlein. F1today mengabarkan bahwa Pascal akan mengisi satu kursi kosong di Sauber menemani Marcus Ericsson.

gpupdate.net Rio Haryanto di kualifikasi awal Shanghai

Bila Sauber menerima Pascal, otomatis keputusan itu mengeser posisi Felipe Nasr. Namun hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak Sauber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com