Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Rental Makin Terpukul "Mobil Murah"

Kompas.com - 03/01/2017, 10:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Usaha rental mobil sudah tidak semeriah seperti dulu lagi. Contohnya seperti musim libur Natal dan tahun baru kemarin, meski mengalami kenaikan dibandingkan hari biasa, namun diklaim angkanya tidak signifikan.

Kesimpulan ini merupakan curhatan beberapa pelaku bisnis rental di kawasan Dewi Sartika, Jakarta Timur. Mereka mengeluhkan bahwa saat ini pasar turun akibat banyak masyarakat yang sudah memiliki mobil pribadi.

"Kebanyakan sudah punya mobil, jadi jarang yang pilih pakai rental untuk ke luar kota atau liburan. Beberapa masih ada, tapi tidak seramai dua sampai tiga tahun lalu," ucap Taufik Hidayat salah satu staf  C&J Car Rental saat ditemui KompasOtomotif di Jakarta, Senin (2/1/2017).

Menurut dia, banyaknya “mobil murah” (low cost green car/LCGC) dengan kisaran harga yang terjangkau membuat masyarakat lebih tertarik untuk membeli dibandingkan menyewa. Bahkan efek dari pasar yang lemas membuat Taufik harus mengurangi unit mobil yang disewakan.

“Biasanya kita ada mobil city car seperti Yaris atau March, tapi saat ini kita kurangi (jual) hanya tinggal MPV seperti Avanza atau APV yang untuk keluarga. Kerena mereka sudah punya mobil kecil, jadi kalau sewa rata-rata cari mobil yang kapasitas besar,” ucap Taufik.

Stanly/Otomania Rental Mobil Libur Natalan dan Tahun Baru

Hal senada juga disampailkan oleh Achmad dari rental Sosor Rent Car di kawasan yang sama. Menurutnya meski musim liburan, namun tingkat ketertarikan orang untuk menyewa saat ini turun drastis.

“Sudah mulai surut. Untuk harga musim liburan kemarin justru kami kasih lebih rendah dari saat Lebaran, tapi tetap tidak seramai dulu,” ucap Achmad di waktu yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com