Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Penting Usai Berlibur Pakai Mobil

Kompas.com - 01/01/2017, 10:35 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Jika sebelum melakukan perjalan panjang mobil terlebih dahulu wajib diperiksa, agar tidak mengalami kendala di jalan, begitupun ketika sudah kembali dari liburan. Tentunya agar mobil bisa tetap punya performa baik.

Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang coba memberikan pesan penting kepada para pelancong, yang kelar berlibur menggunakan mobilnya. Setidaknya ada enam hal yang perlu diperhatikan pemilik mobil.

Pertama, perjalanan jarak jauh dengan kondisi jalan macet panjang membuat kerja mesin lebih berat. Karenanya pastikan kondisi seluruh mekanisme terkait kerja mesin tidak ada yang bermasalah.

Kedua, perjalanan jauh macet dengan beragam debu yang menempel pada mobil menyebabkan sebagian komponen perlu dicek dan dibersihkan, untuk menjaga performa mesin. Seperti saringan udara, busi, kondisi oli mesin, sistem pendingin, charging system dan lainnya.

Ketiga, kerja pengereman yang cenderung  berat saat perjalanan jauh dan macet, membuatnya perlu dicek kembali. Ini sangat penting, demi memastikan rem dalam keadaan baik dan bekerja sempurna, ketika digunakan kembali sehari-hari.

Keempat, lakukan wheel aligment atau penyetelan roda-roda mobil, untuk memastikan kestabilan kendaraan. “Meningat perjalanan jauh, tentunya menghadapi berbagai  kondisi jalanan rusak atau lubang, jadi perlu melakukan ini,” ujar Indah.

Kelima, perika juga sistem kopling untuk mobil manual, demi menjamin performanya masih baik.

Keenam atau yang terakhir, mobil yang abis diajak pergi jalan-jalan, perlu juga dilakukan pengecekan pada bagian kaki-kaki atau suspensi.  “Dengan begitu, kendaraan akan siap untuk digunakan kembali dengan maximum performance,” ujar Indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com