Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FCA Dikabarkan Bakal Jual Alfa Romeo dan Maserati

Kompas.com - 30/12/2016, 10:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Auburn Hills, KompasOtomotif – Fiat Chrysler Automobiles N.V. (FCA) diterjang rumors yang kurang sedap. Aliansi otomotif asal Italia dan Amerika Serikat itu dikabarkan mau menjual dua merek di bawah naungannya, yakni Alfa Romeo,  Maserati, dan Magneti Marelli.

Seperti dilaporkan Forbes, (29/12/2016), perusahaan terus mengalami defisit keuangan secara grup dan menumpuk utang. FCA menutup kuartal ketiga 2016 dengan utang mendekati 7 miliar dollar AS atau setara Rp 93,9 triliun!

Performa penjualan ternyata tak membantu kondisi keuangan akibat recall yang cukup besar. Beberapa di antaranya menimbulkan denda dari regulator pemerintah Amerika Serikat, belum lagi biaya yang harus perusahaan tanggung sebagai kompensasi ke konsumen.

FCA di bawah kepemimpinan Sergio Marchionne sebenarnya sudah mengubah fokus perusahaan. Prioritas utama saat ini adalah SUV dan truk, dilahirkan dari merek Jeep dan Ram. Lalu, perusahaan juga mendiskontinyu berapa model, termasuk sedan kecil dan medium seperti Dodge Dart dan Chrysler 200.

Langkah itu pun ternyata kurang cukup untuk membantu FCA keluar dari lubang jarum. Ini yang menyebabkan analis industri memprediksi akan ada pelepasan merek.

carscoops Peluncuran Maserati Levante di London, Inggris, akhir pekan lalu.
FCA berdiri pada 2014 karena merger Fiat Group dan Chrysler LLC yang baru selamat dari kebangkrutan. Januari 2016 lalu, FCA menggelindingkan merek Ferrari sebagai perusahaan yang terpisah.

Kini, di era pasar crossover yang menggeliat, peluncuran Alfa Romeo Stelvio dan Maserati Levante berpeluang menarik minat konsumen di luaran sana.

Secara terpisah, Volkswagen Group juga dikabarkan sudah lama berminat untuk menambahkan Alfa Romeo sebagai salah satu portofolio merek mereka, meski rencana itu digulirkan sebelum perusahaan Jerman itu terlilit skandal emisi diesel.

Sementara itu, Magneti Marelli adalah pemasok komponen elektronik kelas dunia, tak hanya untuk FCA, tetapi juga merek lain. Sebenarnya merek ini cukup sukses dengan bisnisnya, dan seharusnya bisa menghidupi diri sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com