Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takhta Toyota Terancam Volkswagen Tahun Ini

Kompas.com - 29/12/2016, 09:45 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Volkswagen sepertinya bakal menjadi merek mobil paling laris, melalui volume penjualan globalnya pada 2016. Jika berhasil, Volkswagen bisa mengambil tempat teratas untuk pertama kalinya dari Toyota, yang bertengger selama setengah dekade.

Mengutip Nikkei, Rabu (28/12/2016) penjualan VW di seluruh dunia pada November tumbuh 7,9 persen. Ini merupakan pertumbuhan tercepat sejak skandal emisi diesel merek Jerman itu mengemuka, pada September tahun lalu.

Melihat penjualannya sepanjang Januari-November naik 3,1 persen menjadi 9.379.100 unit, VW tampaknya bisa melampaui 10 juta unit sepanjang setahun penuh. Secara global, ini merupakan pertumbuhan tercepatnya dalam dua tahun.

Lonjakan ini salah satunya karena kontribusi pasar China, yang naik 11,6 tahun ini menjadi 3.591.600 unit. Sementara untuk seluruh kelompok Toyota, termasuk Daihatsu Motor dan Hino Motors, penjualan global hanya meningkat 2,2 persen, menjadi 873.000 kendaraan di November.

Peningkatan lebih kecil lagi dirasakan pada pasar global Toyota, yang hanya 0,1 persen atau menjadi 9.219.000 unit untuk 11 bulan. Melihat performa di China, Toyota cukup mendapat hasil manis dengan pertumbuhan 10 persen menjadi 1,1 juta.

Namun, harga minyak yang rendah telah memperlambat penjualan mobilnya di Amerika, untuk model penumpangnya seperti Camry dan Prius, yang kondisi ini juga ikut melanda di wilayah Timur Tengah serta beberapa tempat lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com