Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Resmikan Jalan Raya dengan Panel Surya

Kompas.com - 28/12/2016, 08:27 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Normandia, KompasOtomotif - Dua tahun yang lalu, pihak berwenang di Belanda meresmikan jalan panel surya, tapi itu hanya jalur sepeda. Kali ini Perancis yang dengan bangga meresmikannya untuk jalan raya umum.

Mengutip Moto1 dari The Guardian, Selasa (27/12/2016) jalan dengan teknologi ini diklaim yang pertama di dunia, dengan menyedot investasi 5,2 juta dolar Amerika atau Rp 69,8 miliar. Rute membentang sepanjang 1 kilometer (0,6 mil) dan terletak di desa kecil Tourouvre-au-Perch di Normandia.

Demi menutupi jalan sepanjang 1 kilometer tersebut, dibutuhkan total 2.800 meter persegi panel, yang bisa dimanfaatkan untuk menyerap tenaga matahari untuk menghasilkan listrik. Jalan raya dengan panel surya ini dibuka pekan lalu di hadapan Menteri Ekologi Perancis, Segolene Royal.

Dibiayai oleh pemerintah daerah, jalan satu-kilometer ini dijuluki "Wattway" yang dibangun oleh perusahaan Colas setelah melalui berbagai pengujian. Jalan ini akan digunakan oleh sekitar 2.000 pengemudi setiap hari. 

Dalam dua tahun ke depan pihak pemerintah juga masih terus meneliti jalanan baru ini, dengan melihat seberapa efektif dalam menghasilkan energi listrik, untuk menerangi jalan-jalan desa yang dihuni oleh sekitar 3.400 penduduk.

Berbicara pada peresmian, Segolene Royal mengungkapkan keinginannya memasang panel surya di jaringan jalan raya di Perancis, satu kilometer dari setiap 1.000 kilometer. Namun, Wakil Presiden dari Network for Energetic Transition (CLER), Marc Jedliczka mengkritik, kalau masih ada prioritas lain daripada mengembangkan sumber energi terbarukan seperti itu.

Karena proyek ini dianggap mengeluarkan biaya sangat mahal, dan mempertanyakan kelayakan, pasalnya cahaya matahari yang kuat terbilang jarang menerangi wilayah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com