Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Perketat Kredit Mobil

Kompas.com - 27/12/2016, 15:24 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Beijing, KompasOtomotif - Aturan baru mengenai skema kredit kendaraan bermotor, khususnya roda empat di China akan diperketat. Usulan ini diajukan langsung oleh bank sentral China sepeti dilansir Reuters,  Selasa (27/12/2016).

Pedoman akan usulan tersebut dikeluarkan pada Selasa ini, dan berisikan standardisasi baru dalam pemberian kredit mobil. Ini dianggap menjadi langkah untuk mengatasi kekhawatiran atas risiko peminjam yang gagal (borrowers defaulting/kredit macet).

Kredit mobil telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir, sebagian tumbuh sebagai akibat dari transaksi pembiayaan menarik, yang ditawarkan oleh produsen, demi meningkatkan penjualan. Hampir 30 persen dari pembelian dilakukan secara kredit tahun lalu, naik dari 20 persen dari 2013, menurut analis dari Sanford C. Bernstein and Deloitte.

Bank Rakyat China mengeluarkan pedoman yang sudah direvisi pada situs resminya, dan menantikan umpan balik dari masyarakat www.pbc.gov.cn.

Ke depannya, People’s Bank of China (Bank Rakyat China/PBOC) mengatakan, di dalam aturan baru, peminjam harus memberikan jaminan yang valid. Kemudian si pemberi pinjaman harus membangun sistem kredit, dengan menyertakan fasilitas kredit eksternal independen, untuk menilai kelayakan kredit pelanggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com