Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekayasa Truk "Molen" Masa Depan ala Jerman

Kompas.com - 27/12/2016, 09:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Carscoops

Munich, KompasOtomotif – Truk pengangkut memang seharusnya tak cuma bicara soal utilitas. Kesan futuristik juga bisa jadi acuan di masa depan. Seperti konsep truk elektrik ini, digambar oleh Francisco Calado, mengubah status kendaraan niaga sebagai ”pelayan mewah”.

E-truck Mercedes-Benz tersebut juga diklaim sebagai transporter yang paling efisien juga tercepat di planet ini. Secara teori, kendaraan ditenagai 10 baterai, atau full elektrik. Berdasarkan pengakuan sang desainer, truk bisa kencang karena koefisien drag yang rendah, dan sangat efektif di aerodinamika.

carscoops Bagian belakang, mirip buntut tawon.
Menariknya, di dalam, terdapat dua kompartemen kabin, karena biasanya, truk macam ini digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Percaya atau tidak, truk juga dilengkapi toilet dan ”kamar” yang terpisah, tentu saja untuk istirahat sopir.

Secara keseluruhan, dilihat dari desain ini, bisa jadi apa yang digoreskan Calado menjadi truk paling cantik saat ini. Sosoknya akan lebih jangkung ketimbang kebanyakan truk.

Kalau diperhatikan detail, Anda tak akan menemukan pintu di samping. Ternyata desainer meletakkannya di bagian depan. Pintu sudah dilengkapi anak tangga saat dibuka, mirip pesawat kecil.

carscoops Interior, mewah seperti hotel mini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com