Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP di Le Mans Bakal Lebih Seru

Kompas.com - 26/12/2016, 09:50 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Maine, KompasOtomotif – Sirkuit Le mans Perancis diklaim akan menghasilkan “lap time” lebih cepat satu sampai dua detik, pada musim MotoGP 2017 nanti. Martin Goureau, Safety Officer sirkuit mengatakan, ini lantaran renovasi yang dilakukan pada permukaan sirkuit.

"Proses ini dimulai dua tahun lalu, ketika kami didekati oleh pebalap-pebalap MotoGP. Mereka mengatakan permukaan sirkuit terasa kurang grip, keluhan utama karena ada banyak benjolan di aspal,” ujar Goureau mengutip Crash.net, Minggu (25/12/2016).

Goureau  mengakui, kalau beberapa sisi aspal memang sudah berusia 10 tahun. Perbaikan yang dilakukan di sejumlah bagian, membuat sirkuit memiliki banyak sambungan pada aspal, seperti di yang berada di tikungan “S” Dunlop.

"Saat ini, kami telah melakukan resurfacing menyeluruh, dan sekarang hanya ada tiga sambungan. Tiga sambungan tersbut karena pengerjaan yang dilakukan dalam waktu tiga hari, dan itu sendiri merupakan upaya besar. Lebih dari itu, sambungan juga ditempatkan dengan hati-hati di daerah yang tidak akan menimbulkan kekhawatiran pebalap,” ujar Goureau.

Jadi kata Goureau , saat ini sudah tidak ada sambungan di setiap zona pengereman atau sudut-sudut trek. Pihaknya juga telah menguji aspal dengan GSX-R baru yang ditunggangi oleh Damien Saulnier. “Bahkan dalam basah, grip-nya cukup gila!,” ucap Goureau.

"Kami sangat senang dan bersemangat untuk melihat, akan seperti apa balapan nanti di sini. Saya juga memproyeksi bahwa posisi pole untuk MotoGP nanti, akan berada di antara satu dan dua detik lebih cepat dibanding tahun sebelumnya," kata Goureau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com