Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Terbaru Nissan Serena Dapat Pengakuan

Kompas.com - 25/12/2016, 09:12 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Teknologi autonomous drive ProPILOT yang terdapat pada Nissan Serena terpilih sebagai 2016-2017 Japan Car of The Year (J-COTY) Innovation Award. Keputusan juri ini didasari alasan teknologi dan sistem yang menawarkan keamanan sekaligus kenyamanan.

Teknologi ini menjadi manifestasi visi Nissan Intelligent Mobility yang menjadi tujuan untuk mengembangkan teknologi demi keamanan. Juga, membuat mobil terintegrasi terhadap lingkungan sekitar, serta menciptakan kendaraan yang bisa memberikan pengalaman berkendara menyenangkan.

Secara teknis, ProPILOT adalah teknologi yang didukung 8-12 kamera, secara simultan mendeteksi marka jalan, mobil di depannya, dan semua situasi yang ada di sekitar. Secara aktual, mobil akan bisa menyetir sendiri berdasarkan gambar-gambar dari berbagai kamera.

Pengemudi tinggal menginjak pedal gas, meski sebelumnya ada beberapa tombol yang harus dipencet. Meski setir bergerak-gerak sendiri, namun ada sinyal yang meminta pengemudi tak melepaskan sepenuhnya tangan dari setir, sebagai antisipasi kemungkinan terburuk.

Indonesia
Buat Indonesia, masyarakat dapat menikmati teknologi yang mencerminkan Nissan Intelligent Mobility pada produk unggulan Nissan, seperti X-Trail, Navara, dan Grand Livina.

Teknologi yang sudah hadir adalah Active Ride Control, Active Trace Control, Active Engine Brake, Nissan Safety Shield, Xtronic CVT Advanced Technology, Hands Free Power Door, Hill Start Assist, Around View Monitor, juga mesin Hybrid pada X-Trail.

Head of Communication NMI, Hana Maharani, menjelaskan bahwa visi Nissan Intelligent Mobility menjadi cerminan inovasi teknologi yang akan dihadirkan oleh Nissan pada masa mendatang. Visi ini juga turut diterapkan di Indonesia yang sudah terlihat pada beberapa produk unggulan Nissan.

”Nissan Intelligent Mobility akan memasyarakatkan teknologi otomotif terdepan untuk memastikan semua konsumen memiliki akses terhadap inovasi, termasuk di Indonesia. Ke depan, kami akan menggelar program berkelanjutan untuk memperkenalkan visi itu kepada masyarakat yang akan berjalan sepenuhnya pada 2017,” kata Hana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com