Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Update Toyota

Konsumen Innova Sudah Patah Arang soal Transmisi

Kompas.com - 22/12/2016, 11:58 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Sudah tiga bulan berlalu sejak keluhan sekumpulan konsumen pemilik generasi baru Innova tentang masalah pada transmisi otomatis mengudara. Langkah penyelesaian sudah dilakukan Toyota Astra Motor (TAM) sebagai pemegang merek, tetapi sepertinya konsumen belum merasa puas.

Tuntutan utama para konsumen itu adalah perbaikan kembali alias recall. Bukan hanya pada unit yang bermasalah, melainkan semua unit yang sudah sampai ke konsumen.

Stanly/Otomania Sejumlah konsumen All New Toyota Innova keluhkan masalah transmisi otomatis.

Salah satu pemilik dari Innova yang bermasalah sekaligus wakil para konsumen ke media, Bergson Manik, menjelaskan, sebagian konsumen sudah mendapat penanganan, seperti remapping perangkat elektronik, penggantian transmisi, bahkan sampai penggantian turbo.

Baca: Toyota Tawarkan Pemeriksaan Menyeluruh Innova dan Fortuner yang Bermasalah

Meski begitu, semakin hari, konsumen yang mengeluh juga bertambah banyak. Saat ini, kata Bergson, jumlah konsumen yang mengeluh berkisar 300 orang.

Menurut Bergson, konsumen yang tidak tahu soal masalah ini seharusnya diberi informasi agar bisa melakukan perbaikan. Maka dari itu, recall menjadi jawabannya. Namun, sampai sekarang, usaha ke sana selalu mentok.

Baca: Toyota Tegaskan Innova dan Fortuner Baru Tanpa "Recall"

“Ah, kami sudah malas. Jika masih punya suara hati nurani, maka harusnya lapang dada bikin program recall. Mungkin takut penjualan drop dan gengsi makanya malu bikin recall,” ucap Bergson saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (22/12/2016).

Para konsumen yang bermasalah saat ini berjuang sendiri-sendiri buat mengatasi masalah. Mereka semua bermuara di laman grup Facebook bernama "Sharing All New Innova (ANKI) & All New Fortuner (ANF)". 

Pasang Badan

Fransiscus Soerjopranoto, Executive GM  Marketing and Sales PT Toyota Astra Motor mengatakan, kalau Toyota siap pasang badan untuk konsumen di Indonesia.

"Masalah transmisi sebenarnya sudah diatasi, hasil investigasi kami ternyata hasil itu berupa feeling pengemudi. ‎Buat yang mengalami masalah silahkan datang ke bengkel resmi kami, kalau belum puas silahkan berhubungan terus dengan bengkel kami. Kami selalu terbuka," kata pria yang akrab disapa Soerjo kepada KompasOtomotif.


Setiap konsumen Toyota, mendapat jaminan garansi yang sudah ditetapkan di awal. Seluruh kepentingan konsumen coba dikomodasi sampai kapanpun.

"TAM memberikan garansi tiga tahun atau 100.000 km untuk Innova dan Fortuner," ucap Soerjo lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com