Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Ini Didesain untuk ”Menipu Sang Angin"

Kompas.com - 22/12/2016, 08:03 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Carscoops

Stuttgart, KompasOtomotif – Anda pasti berpikir bahwa kendaraan paling aerodinamis adalah supercar, atau bahkan mobil balap F1. Bisa jadi benar. Tapi ada kemungkinan jawaban ”lebih benar” saat melihat konsep karya desainer Roman Egorov ini.

Roman bekerja sebagai desainer untuk Citroen. Dia juga pernah terlibat dengan BMW. Tapi untuk mengejar gelar master, dia pun membuat desain ini yang didukung oleh Mercedes-Benz.  Pemikirannya singkat, menciptakan mobil yang bisa ”menipu sang angin”.

Produsen kendaraan menghabiskan biaya, waktu, dan energi untuk menemukan aerodinamika terbaik di terowongan angin dan simulator komputer. Tapi jumlah downforce yang dihasilkan dan pendinginan yang mereka inginkan untuk komponen mekanikal akan terus berkebalikan dengan angin.

Ide Egorov adalah mendesain limosin tradisional dengan tiga bagian yang punya profil aerodinamika satu bagian. Demi mendapatkan itu, dia meminjam beberapa trik dari prototipe mobil balap serta supercar yang sudah diproduksi, tapi tidak terlalu memperhatikan downforce dan sistem pendingin.

Mobil desain Egorov pun jadinya seperti air yang mengalir, tanpa sudut, dan begitu luwes. Angin dari bagian depan dialirkan ke atap, bahkan bisa ”terpeleset” ke samping, sampai lewat belakang dengan bersih.

Aerodinamika di bagian bawah bodi juga memainkan peran penting untuk membuat laju angin sangat mulus dan tak tertanggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com