Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bottas Gantikan Rosberg, Massa Batal Pensiun

Kompas.com - 22/12/2016, 07:51 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif – Misteri pengganti juara dunia balap F1 2016 Nico Rosberg di tim Mercedes akhirnya terjawab. Dia adalah Valtteri Bottas yang dilepas tim Williams-Mercedes, dengan konsekuensi menahan Felipe Massa untuk bertahan dan menganulir keputusan pensiun.

Tanda tangan kontrak memang belum dilakukan, namun dikabarkan proses dealing sudah terjadi dan sedikit lagi akan diumumkan secara resmi, dikutip dari BBC.com, (21/12/2016), atau diperkirakan terjadi pada masa-masa Natal tahun ini.

Pascal Wehrlein, mantan rekan setim Rio Haryanto di tim Manor-Mercedes yang dikait-kaitkan dengan kepindahan ke tim utama pun pupus dengan adanya kabar ini.

Williams harus kembali mendekati Massa setelah sangat jelas bahwa boss Mercedes F1 Toto Wolff menginginkan Bottas untuk menggantikan Rosberg ketimbang Wehrlein. Alasannya, punya kepribadian yang mirip dengan Rosberg dan dianggap cocok mendampingi Hamilton yang lincah.

Tawaran pengurangan biaya sewa mesin sejumlah 10 juta Euro (Rp 140 miliar) dari Mercedes untuk Williams ditolak. Opsi lain diambil yakni melepas Bottas pergi, dan mendapatkan pengurangan biaya yang lebih banyak untuk sewa mesin, yakni 17 juta Euro (Rp 238 milar).

Masalahnya, setelah melepas Bottas, Williams butuh pebalap berpengalaman untuk menggantikannya. Apalagi, sponsor utama mereka, merek minuman Martini meminta paling tidak ada satu pebalap di atas 25 tahun untuk alasan promosi.

Dia harus bisa menemani pebalap 18 tahun asal Kanada Lance Stroll yang sudah positif akan bergabung di tubuh tim tahun depan. Stroll juga sudah membawa sponsor yang akan menambah pemasukan tim sebesar 20 juta poundsterling atau setara RP 333 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com