Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma Ada Jepang, Tanam Pohon di Bodi Mobil

Kompas.com - 20/12/2016, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Ketika produsen mobil dunia tengah berlomba-lomba menghasilkan kendaraan rendah emisi demi mencegah pemanasan global, terobosan baru coba dilakukan beberapa orang di Jepang. Salah satunya adalah Nobuya Ushio yang mencoba mengaplikasikan green-car dalam makna sebenarnya.

Mobil milik Nobuya Ushio diberi nama “Shiba Car”, di mana seluruh lapisan bodi mobil ditempeli dengan rumput sintetis. Ini pada awalnya merupakan ide dadakan, yang akhirnya terealisasi, setelah melalui trial and error.

Karena dipasangkan rumput, mobil milik Ushio lebih luas 6 cm, dan harus didaftarkan sebagai kendaraan penumpang biasa bukan lagi minivehicle. Nomor kendaraannya "482" yang dalam permainan kata di Jepang penyebutannya menjadi "shibafu" atau rumput.

Nikkei Mobil dengan hutan mini di atapnya.

Mobil lainnya disebut “Jungle Car” yang menggunakan tanaman sungguhan, di mana memiliki hutan mini di bagian atap mobil. Sang pemilik Mitsuji Chinen berusia 59 tahun mengatakan, idenya bermula dari AC (air condition) mobilnya yang mati sepuluh tahun lalu.

Sementara untuk memperbaikinya memakan biaya yang mahal, jadi Chinen memutuskan menanam pohon di atap mobil. “Rasanya seperti saya selalu mengemudi di tempat teduh," kata Chinen, mengutip Nikkei, Senin (19/12/2016). 

Mobil-mobil ini jadi terlihat unik karena nuansa tumbuh-tumbuhan yang terkandung pada bodinya. Boleh jadi tidak tampak keren, tapi mobil ini sungguh eye-catching, dan bisa buat yang melihat melontarkan senyum dan tawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com