Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Pembatas Jalan dengan Sistem “Roller”

Kompas.com - 19/12/2016, 15:27 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Seoul, KompasOtomotif – Selain fitur pada mobil mobil, infrastruktur jalan mungkin bisa jadi cara untuk mendukung pengurangan fatalitas kecelakaan, seperti salah satunya inovasi pada pembatas jalan (penghalang/roadside barrier).

Fungsi dasar pembatas jalan, memang menahan mobil yang hilang kendali, agar tidak berpindah ke jalur lain atau terperosok ke jurang, tapi dengan konstruksi konvensional (lempeng besi), benturan yang terjadi bisa membuat cedera cukup serius bahkan meninggal.

Mengutip Brightside.me, Senin (19/12/2016) di mana salah satu perusahaan asal Korea Selatan ETI, mengembangkan jenis baru dari pembatas jalan. Kali ini pembatas bukan hanya sekedar besi, tapi memiliki roller plastik, atau biasa disebut safety roller barries guard.

Konsep desain baru ini, diklaim bisa mengurangi fatalitas kedelakaan, bahkan menyelamatkan pengemudi dari cedera. Metode ini mengalirkan kendaraan yang menabrak pembatas, sehingga tidak terbalik, serta diklaim bisa mengurangi potensi kerusakan pada mobil.

Coba melihat referensi lain, ternyata konsep ini juga sudah pernah dikembangkan oleh KSI Australia pada 2014 lalu. Diterangkan dalam sebuah video singkat, kalau roller safety roller ini menyerap dan mengkonversi energi kejut (shock energy) ke energi rotasi.

Berikut video pengetesannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com