Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diesel Hibrida Suzuki Teguk Pertamina Dex

Kompas.com - 15/12/2016, 17:51 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah menyatakan ingin menjual hibrida pada awal tahun depan, meski begitu belum ada keterangan resmi pada model apa. Namun satu hal lain sudah pasti, model yang mengenakan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) itu bermesin diesel.

Saat mengungkap rencana itu di hadapan wartawan di Bogor, Rabu (14/12/2016), Harold Donnel 4W Head of Product Development & Accessories, menjelaskan, perusahaan akan memulai sejarah baru dengan memasarkan untuk pertama kalinya mesin diesel. Dia enggan menjelaskan lebih rinci lagi, tetapi dikatakan mesin diesel pada model SHVS disarankan meneguk bahan bakar jenis Pertamina Dex yang memiliki kadar cetane 53.

Dari serangkaian uji yang sudah dilakukan SIS pada mesin diesel SHVS menggunakan pilihan bahan bakar di Indonesia, Pertamina Dex dikatakan yang terbaik. Walau begitu Harold juga menyadari jika produk sudah sampai ke tangan ke konsumen, pemilihan bahan bakar tidak bisa diatur lagi

SIS juga telah menguji diesel SHVS menggunakan pilihan lain, yakni Bio Solar (cetane 48) dan Dexlite (cetane 51). Menurut Harold bisa saja digunakan.

“Cetane 51 dan 48, dua-duanya tidak ada masalah tapi kami tetap rekomendasikan ke Pertadex,” ucap Harold.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com