Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Indonesia: Kami Jual Hibrida Tahun Depan

Kompas.com - 14/12/2016, 18:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

 
 
Jakarta, KompasOtomotif - ‎Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya mengonfirmasi, teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) bakal meluncur di Indonesia sebagai model baru pertama pada 2017. ‎Meski tidak disebutkan secara rinci, inilah pengakuan peluncuran Ertiga dengan mesin diesel 1.2L SHVS yang diimpor dari India. 
 
"Dalam waktu dekat kami akan meluncurkan teknologi SHVS," ucap Harold Donnel 4W Head of Product Development & Accesories SIS, ‎di Bogor, Rabu (14/12/2016).
 
Harold menjelaskan Suzuki kini tidak lagi hanya mengembangkan ‎model untuk pasar global. Indonesia sebagai pasar terbesar kedua setelah India juga mendapat perhatian khusus. 
 
Cara kerja SHVS tidak seidealis sistem hibrida pada umumnya, kata Harold. SHVS dilengkapi dengan Integrated Starter Generation ‎(ISG) sebagai otak sistem yang salah satu tugasnya mengolah energi terbuang dari pengereman. 
 
"Kombinasi ISG dan SHVS menghasilkan beberapat output, yaitu efisiensi bahan bakar dan memunculkan fitur engine start stop. Ini ide dasarnya dari hal-hal yang selama ini tidak terpikirkan," urai Harold. 
 
Dipandang dari sisi bisnis, tambahan produk berteknologi SHVS bisa meningkatkan volume penjualan SIS. Di sisi lain, SIS sudah menyatakan diri ikut mempromosikan kendaraan ramah lingkungan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com