Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Pendukung Otomotif Asing Mau Masuk Indonesia

Kompas.com - 12/12/2016, 08:25 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sebanyak 117 perusahaan Taiwan yang bergerak di bidang mesin perkakas siap memperkuat pasokan industri suku cadang otomotif di Indonesia. Informasi ini disiarkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), Minggu (11/12/2016), setelah kunjungan Wakil Presiden Eksekutif Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) Simon Wang, ke Jakarta.

Industri manufaktur dari Taiwan tertarik karena sikap pemerintah yang berencana mendorong industri perakitan dalam negeri untuk lima tahun ke depan. Simon melihat ada peluang di proses penempaan, perakitan, dan pencetakan.

“Industri mesin perkakas Taiwan sangat memungkinkan menjadi mitra yang sangat diperlukan untuk pengolahan suku cadang otomotif dan perusahaan manufaktur di Indonesia,” kata Simon.

Mesin perkakas buatan Taiwan, jelas Simon, didesain bukan hanya untuk membuat mobil, tetapi juga kendaraan luar angkasa, elektronik konsumen, cetakan, dan berbagai komponen mekanis. Kualitasnya telah teruji dan bisa dikombinasikan dengan teknologi otomatisasi, seperti lengan robot, yang terintegrasi.

Sebanyak delapan manufaktur terkenal dari Taiwan sudah menunjukan teknologi mereka di Indonesia. Saat ini Taiwan merupakan negara terbesar ketiga penyedia permesinan untuk otomotif dunia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com