Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Canggih Ini Baru Audi yang Punya

Kompas.com - 11/12/2016, 08:31 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Virginia, KompasOtomotif – Ide untuk menghadirkan mobil berteknologi tinggi, tidak pernah berhenti. Setelah ramai berbicara mengenai otonomos atau self-driving car, industri otomotif mulai dicekoki teknologi connected car, lalu yang baru hangat dibicarakan teknologi artificial, yang bisa membuat mobil berinteraksi dengan pengemudinya.

Ternyata masih belum berhenti sampai situ, kali ini Audi menghadikan mobil yang bisa terkoneksi dengan lampu lalu lintas. Jadi mobil akan memberitahu pengemudi, jika ada pergantian pada lampu merah yang akan dihampiri, beserta waktu dan rekomendasi kecepatan mobil.

Audi menganggap, dengan mengetahui informasi bergantinya simbol lampu lalu lintas, dari hijau misalnya menjadi merah, pengemudi bisa lebih santai dan efisien. Teknologi ini diklaim baru pertama kali dimiliki oleh Audi.

Model mobil yang akan memiliki sitem informasi adalah Audi A4 dan Q7, yang bakal dimulai di wilayah Las Vegas. Sementara, pengenalan di kota-kota lain di Amerika akan menyusul, termasuk di daratan Eropa. Sampai saat ini pihak Mercy masih belum mau menginformaikan menganai tanggal peluncurannya.

"Untuk pertama kalinya, mobil kami bisa bertukar data dengan infrastruktur lalu lintas secara real time. Pengemudi bisa menyesuaikan perilaku mereka dengan situasi dan pergerakan dalam lalu lintas kota, tentu dengan cara yang lebih santai dan terkontrol baik, " ujar Andreas Reich, Head of Electronics Pre-Development Audi dari siaran resminya, Sabtu (10/12/2016).

Sebagai langkah pertama, model Audi A4 dan Q7 untuk pasar AS sejak Juni 2016 sudah dilengkapi dengan teknologi ini. Informasi akan ditampilkan pada layar head-up display dan meter cluster.

Berikut video demo, terkait teknologi yang dimiliki Audi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com