Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaca Film Bisa Ganggu Kerja Ponsel dan GPS

Kompas.com - 09/12/2016, 10:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pada umumnya, produk kaca film yang terbaik untuk menolak panas matahari berbahan metal. Meski begitu perlu dipahami bahan metal bisa memengaruhi perangkat yang mengandalkan gelombang radio, seperti ponsel dan Global Positioning Unit (GPS).

Diterangkan Andre susanto, Direktur PT Maxpro Adi Perkasa, pemasar kaca film merek Maxpro, karena bahan metal gelombang radio tidak sepenuhnya masuk ke dalam atau keluar kabin. Seberapa besar pengaruhnya mesti diteliti lagi sebab racikan komposisi kaca film setiap produsen berbeda-beda.

“Sebenarnya kita enggak bisa tahu, pabrik enggak akan bilang itu ramuannya apa tapi mereka akan bilang secara adil mengandung metal," ujar Andre, di Jakarta, Kamis (8/12/2016). 

Fungsi metal yang dikatakan terbaik menolak panas membuatnya tetap digunakan sebagai bahan dasar kaca film. Selain itu, kaca film berbahan metal dapat dijual dengan harga lebih murah ketimbang bahan lainnya.

Salah satu dampak negatif dari bahan metal membuat produsen memakai bahan alternatif yaitu nano ceramic. Bahan ini tidak mengganggu kerja ponsel atau GPS karena tidak mengandung metal.

“Metal lebih murah dibanding ceramic. Secara dasar bahan metal lebih tinggi menolak panas tapi ternyata yang berbahan dasar ceramic juga lebih tinggi lagi. Tetapi kompensasinya ke harga, lebih mahal dari metal,” jelas Andre. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com