Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Ignis Dapat Fitur Mobil Mewah di Eropa

Kompas.com - 02/12/2016, 15:31 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Brussels, KompasOtomotif – Di penghujung 2016, Euro NCAP (New Car Assessment Programme) merilis pengujian beberapa mobil yang bakal diluncurkan di 2017, seperti Audi Q2, Hyundai Ioniq, Ford Edge, Suzuki Ignis dan SsangYong Tivoli. Dari beberapa merek tersebut, yang kemungkinan akan hadiri di Indonesia adalah Ignis.

Dari laman resmi Euro NCAP, Ignis berhasil mendapat bintang lima tes tabrak dengan kelengkapan paket fitur keselamatan. Namun, ketika pengujian dilakukan hanya dengan fitur keamanan standar, memperoleh rating tiga bintang.

Mengutip Automotive World, Jumat (2/11/2016) fitur keselamatan baru yang disematkan pada Ignis, terutama untuk pasar Eropa adalah Dual Camera Brake Support (DCBS). Fitur ini merupakan penggabungan dua kamera, yang terpasang pada setiap sisi kanan dan kiri spion mobil.

Euro NCAP Rating bintang lima yang diperoleh Suzuki Ignis.

Teknologi ini persis seperti mata manusia, bisa mendeteksi benda-benda di depan, termasuk pejalan kaki, dan bisa langsung mengingatkan pengemudi serta melakukan pengereman otomatis jika diperlukan. Ini merupakan mobil SUV supermini pertama yang dievaluasi terpisah, dengan standar safety feature dan kelengkapan paket fitur keselamatan.

Michiel van Ratingen, Sekretaris Jenderal Euro NCAP mengatakan, “Alangkah baiknya melihat skema pengetesan ganda seperti ini, di mana bisa membuat produsen kendaraan terus berupaya mengembangkan teknologi canggih untuk kendaraan mereka. Jika nantinya bisa membuat harga lebih mahal, itu bisa jadi fitur optional.”

Suzuki Ignis pertama kali diperkenalkan ke publik Indonesia pada pameran otomotif nasional di BSD Tangerang, Agustus 2016 lalu. Dari informasi yang diperoleh KompasOtomotif, Suzuki Indonesia akan memasarkar model ini tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com