Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Karakter Kendaraan Niaga "Low Profile"

Kompas.com - 01/12/2016, 16:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Pasar pikap kecil cukup berkembang di kalangan industri menegah ke bawah, khususnya di pedesaan dengan segmen konsumen low profile. Hal lama dibidik oleh Tata Motors, bahkan Tata memiliki kriteria pikap yang dibutuhkan dari hasil surveinya.

Marketing Manager Commercial Vehicle PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) Wilda Bachtiar, mengatakan sebelum Indonesia, Tata Motors sudah lebih dulu melihat segmen ini di India. Setelah dilakukan survei kebutuhan, dan cocok dengan apa yang diinginkan segmen kelas bawah di Indonesia, baru produk di bawa.

"Tata India sudah merancang mobil untuk mengakomodir kebutuhan di segmen ini sejak lama. Jadi saat kami bawa, unit sudah ready dengan kami tambahkan beberapa spesifikasi agar sesuai dengan penggunaannya," papar Wilda Bachtiar kepada wartawan di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Menurut Wilda, ada delapan karakter kendaraan yang benar-benar dibutuhkan konsumen di pedesaan, yakni :

1. Irit bahan bakar
2. Desain simple
3. Desain part yang menunjang harga terjangkau
4. Murah perawatan (lifetime part dan free service)
5. Mesin bandel
6. Performa daya tahan
7. Lincah (sudut putar kemudi)
8. Kapasitas yang sesuai kebutuhan.

Dari delapan poin tersebut, konsentrasi terbesar konsumen ada di masalah harga. Hal ini menyangkut dari soal harga produk, biaya perawatan, sampai efesiensi bahan bakar yang berkaitan erat dengan operasional.

Tata Motor Distribusi Indonesia (TMDI) Tata Motor Distribusi Indonesia gelar aksi pembuktian buat pikap mungil bermesin diesel 700cc, Ace EX2, menaklukan tanjakan.

"Perhatian terhadap biaya cukup tinggi di segmen low profile, seperti UKM, single owner, rental dan lainnya. Profil konsumen kendaraan niaga memang lebih mementingkan sisi logika dari pada emosional, mereka benar aware soal kendaraan yang dipilih sebagai unit usahanya," kata Wilda.

Bila bicara soal ketangguhan, menurut Wilda Tata sudah cukup teruji, bahkan sejak unit ACE EX2 bermesin diesel 700 cc dipasarkan sampai saat ini diklaim belum ada keluhan dari konsumen. "Apa yang dibutuhkan konsumen bisa kami jawab, soal harga kami optimis lebih kompetitif dengan produk lain," ujar Wilda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com